Beranda » Taushiyah » PERINGATAN MAULID NABI

Senin, 21 Februari 2011 - 15:58:05 WIB
PERINGATAN MAULID NABI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Taushiyah - Dibaca: 3887 kali

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

(dalam Perspektif Sejarah)

Oleh : Drs. Imam Ahmadi, M.Pd.I


Di bulan Rabi’ul Awwal yang lebih dikenal dengan bulan maulid atau bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tepatnya tanggal 12 rabi’ul awwal, biasanya kaum muslimin merayakan peringatan mauld Nabi Muhammad SAW, baik dirumah dengan mengundang tetangga dan handai taulan. Atau diadakan oleh lembaga, organisasi, masyarakat kampung dengan bentuk pengajian umum dan ceramah, ada juga dengan bakti sosial, khitanan masal, dan bentuk amal-amal sholeh yang lain.
Yang menjadi pertanyaan, pernakah nabi Muhammad merayakan peringatan maulidnya? Dan sejak kapankah diadakan dan untuk apa? Lalu bagaimana hukumnya mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW?
Jika menelusuri sejarah, ternyata Nabi Muhammad SAW belum pernah merayakan hari ulang tahunnya dengan upacara dan acara. Rasulullah memperingati kelahirannya dengan berpuasa. Suatu ketika Nabi Muhammad ditanya: ”Wahai rasul, mengapa engkau berpuasa hari Senin?” Rasul menjawab: “Pada hari Senin itu aku dilahirkan.”
Dengan demikian Nabi Muhammad merayakannya denga puasa yang kemudian di masyarakat kita dikenal dengan puasa weton (puasa kelahiran). Namun sejarah tidak pernah mencatat Rasulullah merayakan maulid dengan mengundang orang lain untuk bacaan shalawat, untuk bacaan berberzanjian, dibaan dan pengajian umum.
Nah, apakah kalau Nabi Muhammad SAW sahabat tidak pernah mengadakan peringatan maulid ini berarti mengada-ngada, dan apakah termasuk bid’ah?
Mari kita mengkaji hukum peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah kitab yang ditulis oleh Imam Jalaluddin as-Suyuthi yang berjudul Husnul Maqasid fil Amal al-Mawalid. Beliau menjelaskan bahwa di zaman Rasulullah dan Khulafaur Rasyidin memang belum diadakan peringatan dalam bentuk upacara, shalawatan dan pengajian tentang maulid Nabi, sehingga ada sebagian kaum muslimin yang tidak mau memperingati kelahiran dengan bentuk upacara itu.
Jadi, kapan peringatan kelahiran Nabi ini mulai dilaksanakan?
Sejarah menyebutkan bahwa sejak Islam berjaya dengan menaklukan romawi, Persia bahkan Eropa, banyaklah orang non muslim masuk Islam, termasuk orang-orang salib dari Eropa. Baik karena sukarela ataupun karena terpaksa. Hal ini menimbulkan dendam kaum Nasrani, akhirnya mereka membalas dendam dengan menjajah Timur Tengah. Maka berkobarlah perang salib. Kaum kafir membunuh orang islam, merampas kekayaan, dijauhkan dari Islamnya, dijauhkan dari Nabinya, dijauhkan dari sejarah kejayaan Islam. Yang ditampilkan oleh penjajah di hadapan kaum muslimin adalah tokoh-tokoh kafir, tokoh-tokoh fiktif sehingga rusaklah moral anak-anak muda, hancurlah kejayaan kaum muslimin, hilang keteladanan, hingga tidak kenla kehebatan Islam.
Melihat kondisi umat yang terpuruk dan semakin jauh dari Islam, serta tidak punya semangat memperjuangkan agamanya, para ulama’ dan tokoh Islam mencari solusi bagaimana membangkitkan keislaman kaum muslimin dan melepaskan diri dari cengkraman tentara salib.
Di antaranya seorang raja yaitu Al-Malik Mudhaffaruddin (Raja Himsiyyah), mengundang para ulama’ dan masayikh ke istana untuk bermusyawarah, bagaimana membangkitkan semangat umat Islam, membebaskan diri dari penjajah, serta menanamkan kecintaan anak muda dan muslimin kepada Rasulullah, sehingga mau menteladani beliau.
Dari musyawarah ulama tersebut akhirnya ada yang mengusulkan agar diadakan peringatan peristiwa bersejarah dalam Islam, diantaranya dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, yang kemudian dikampanyekan dengan besar-besaran, mengundang para penyair agar menulis syair pujian kepada Nabi, serta para ulama dan mubaligh yang bertugas menceritakan sejarah Nabi.
Al-Malik Mudhaffaruddin menanggapi usulan ini dengan antusias. Tetapi ada yang tidak setuju, dengan alasan kerena peringatan seperti itu tidak pernah dikerjakan oleh Nabi, dan itu berarti itu bid’ah.
Menanangapi ketidak setujuan mereka, akhirnya dijawab oleh ulama’ yang hadir, bahwa dalam penjelasan tentang bid’ah itu tidak semua sesat. Menurut Imam al-Iz Abdussalam, Ibnu Atsar menjelaskan bahwa ada bid’ah dholalah dan bid’ah hasanah. Bid’ah dholalah (sesat) adalah bid’ah yang tidak ada dasar hukummnya dan tidak ada perintah sama sekali dari syariat, sedangkan bid’ah hasanah adala suatu amalan yang dasar perintahnya sudah ada dari Rasulullah, namun teknisnya tidak diatur langsung dan itu bukan temasuk ibadah mahdah muqayyadah (ibadah murni yang telah ditentukan tata caranya).
Seperti sering dijelaskan bahwa ibadah itu ada dua macam. Pertama, ibadah mahdah muqayyadah yaitu ibadah murni yang tata caranya terikat dan tidak boleh diubah, karena perintah dan teknis pelaksanaannya contohkan langsung oleh Rasulullah, seperti shalat dan haji yang harus sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasul.
Kedua, ibadah muthalaqah ghoiru muqayyadah, yaitu ibadah mutlaq yang tata caranya tidak terikat, perintahnya ada sedangkan teknis pelaksanaannya terserah masing-masing orang. Seperti berdzikir, perintahnya sudah ada namun teknisnya tidak ditentukan sebagaiman firman Allah:

فَاذْكُرُواْ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَى جُنُوبِكُمْ


Yang artinya: ”Berdzikirlah kalian dalam keadaan berdiri duduk, dan berbaring." (QS an-Nisa)
Dzikir merupakan perintahnya, sedangakan teknisnya terserah kita, duduk, berdiri, berbaring dirumah, dimasjid sendirian, bersama-sama, suara pelan ataupun dengan suara keras tidak ada batasan-batasan, tergantung kepada situasi dan kondisi asal tidak melanggar ketentuan syariat.
Membaca shalawat juga diperintahkan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً


Yang Artinya: ”Sesungguhnya Allah dan malaikat bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkanlah salan penghormatan kepadanya.” (QS al-Ahzab56).
Perintah membaca shalawat ada sedangkan teknisnya terserah kita. Boleh sholawat yang panjang, pendek, prosa, maupun syair, yang penting bershalawat kepada rasullullah. Hal ini termasuk juga berdakwah, Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ


Yang artinya: ”Serulah (manausia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik.” (QS an-Nahl 125)
Berdakwahlah kamu ke jalan Allah dengan cara hikmah dan mauidzah hasanah atau wejangan yang baik. Perintahnya ada sedangkan teknis pelaksanaannnya terserah kita, boleh dalam bentuk pengajian umum, pengajian rutin di masjid, ataupun media TV, radio, koran, majalah,diskusi, maupun seminar. Semuanya dipersilakan, yang penting momentum dan misinya adalah dakwah.
Peringatan Maulid Nabi yang diisi dengan pembacaan shalawat kepada Rasul, pengajian umum, ceramah tentang kesadaran terhadap Islam, membaca sejarah Nabi, amal saleh, bakti sosial, khitanan massal dan lain-lain itu merupakan ibadah mutlaqah ghairu muqayadah atau ibadah yang mutlaq dan tidak terikat tata caranya dimana perintahnya ada sedangakan pelaksanaannya terserah kita.
Maka dengan demikian mengadakan peringatan Maulid Nabi yang diisi dengan pembacaan shlawat, pengajian umum dan perbuatan yang baik bukan termasuk bid’ah dlalalah, tapi tapi merupakan amrum muhtasan, yaitu “sesuatu yang dianggap baik” dan kalau kalau dilakukan secara ikhlas karena Allah maka akan mendapatka pahala dari Allah SWT.
Demikian juga Sayyid Alwi Al-Maliki al-Hasani menjelaskan dalam kitab Mukhtashar Sirah Nabawiayah: “Bahwa memperingati Maulid Nabi bukan bid’ah dlalalah, tapi sesuatu yang baik”.
Akhirnya para ulama yang hadir bersama Al-Malik Mudhaffaruddin dalam pertemuan itu memutuskan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad itu boleh. Kemudian Al-Malik Mudhafar sendiri langsung menyumbang 100 ekor unta dan sekian ton gandum untuk mengadakan peringatan maulid Nabi muhammad SAW. Setiap daerah diundang penyair untuk membuat syair pujian dan shalawat kepada Nabi muhammad. Kitab-kitab yang tersisa hingga sekarang di antaranya yang dikarang oleh Syeikh al-Barzanji dan Syeikh Addiba’i.
Ternyata dengan diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sangat efektif untuk menyadarkan kaum Muslimin cinta kepada Rasul, sehingga seorang pemuda bernama Shalahudin Al-ayyubi menggalang anak-anak muda, dilatih fisiknya, disadarkan cinta Rasul, diajak membebaskan diri dari penjajahan tentara salib. Akhirnya, laskar Islam bersama panglima Shalahudin al-Ayyubi, bisa memenangkan perang salib pada tahun 580 H. Sejak tahun itulah peringatan Maulid Nabi SAW diadakan oleh negara muslim lainnya.
Mudah-mudahan dengan peringatan Maulid Nabi hati kita semakin cinta kepada Rasulullah SAW. Dengan cinta kepada Rasulullah kita akan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya dan kita termasuk orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda beliau yang artinya: “Orang-orang yang telah menghidupkan sunnahku maka dia berarti cinta kepadaku, dan orang-orang yang cinta padaku nanti akan bersamaku disurga.”
Semoga kita dikumpulkan bersama Rasulullah SAW kelak disurga nanti. Amiin, ya rabbal alamin.


 



146 Komentar :

Termite Control Boca Raton
27 September 2013 - 13:28:41 WIB

belajar adalah aktivitas yang menyenangkan. disini ane banyak temukan hal2 yg penuh pembelajaran.. thanks ya gan telah menghadirkan berita berita yg penuh ilmu..
Seattle Rentals
27 September 2013 - 19:33:03 WIB

Kehadiran website yang sangat membantu kami dalam mencari informasi. Semoga semakin beragam dan variatif sehingga semakin komplit. Sukses dan jaya selalu.
ocella lawsuits
27 September 2013 - 23:03:44 WIB

Ada yang sedang cari info tentang ocella litigation? Main ke situs kami yah. Dijamin gak bakalan nyesel deh. :)
Auto Repair Seattle
03 Oktober 2013 - 20:58:26 WIB

Kami berharap website ini akan menjadi sumber berita yang handal.
Revitol Anti Aging Cream
17 Oktober 2013 - 10:13:42 WIB

Terimakasih ya atas informasinya,
artikelnya sangat bagus sekali..
30 Prozac Lawsuits
25 Oktober 2013 - 07:45:20 WIB

teruslah memberikan informasi yang aktual dan faktual.
Bathroom Lighting Ideas
27 Oktober 2013 - 13:50:23 WIB

terus semangat mas brow..!! keep updated..
Anchor Text
31 Oktober 2013 - 21:49:29 WIB

situsnya jos gandos mas.

http://seodistro.com
Obat Liver
02 Desember 2013 - 13:55:24 WIB

semoga anda berbahagia dan sesalu didepan
Obat Asam Lambung
10 Desember 2013 - 14:39:44 WIB

Dalam kehidupan sering kita jumpai berbagai jenis sifat dan sikap seseorang, namun itulah yang menjadi ciri khas kita untuk menciptakan pelangi yang indah
http://goo.gl/AwIbQQ
Obat Kolesterol
13 Desember 2013 - 11:11:43 WIB

hidup harus ada pengorbanan,terus dan terus berjuang sampey titik ddarah peng habisan http://goo.gl/1Sa4r1 http://goo.gl/PFAu0c
CHANIF
30 Desember 2013 - 23:00:45 WIB

SEMOGA KITA TERMASUK UMMAT YANG CINTA NABI MUHAMMAD SAW.,
Artistic Timber Framing
19 Januari 2014 - 09:23:25 WIB

Makin mantap, mudah"n semakin banyak pengunjungnya.
Yaz Settlement Help
22 Januari 2014 - 07:44:31 WIB

Informasi-informasi yang menarik.
Gold IRA Rollovers
22 Januari 2014 - 22:01:38 WIB

Optimis dan selalu tegar menjalankan hidup.
www.mybkexperience.com
27 Januari 2014 - 10:02:26 WIB

interesting article to read, thanks ka "has shared
www.onlinecci.com
27 Januari 2014 - 10:02:42 WIB

terima kasih untuk ulasannya
www.portal.adp.com
27 Januari 2014 - 10:03:00 WIB

artikel yg menarik,,dan semua ada disini
How To Get A Girl To Like You
28 Januari 2014 - 15:28:46 WIB

Salam kenal untuk semua, salam sukses selalu..
Web Design Melbourne
29 Januari 2014 - 10:24:31 WIB

Informasi yang berwawasan luas, banyak manfaatnya..
Granuflo Recall
31 Januari 2014 - 13:40:23 WIB

Bermanfaat dan menarik.. thx
Roof Repairs Brisbane
04 Februari 2014 - 08:36:58 WIB

Numpang baca-baca lagi nih. Kemaren ada artikel yg belom sempet ane lihat. Lam kenal ya.
Virility Ex Reviews
04 Februari 2014 - 14:44:15 WIB

Informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat,.
terimakasih banyak mas bro atas informasinya.
Pure Green Coffee Bean Extract
09 Februari 2014 - 09:06:55 WIB

Artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali.
Highest Paying Jobs
12 Februari 2014 - 14:45:34 WIB

Kwalitas bangsa akan semakin bagus jika berakhlak mulia.
Vaginal Mesh Implant Symptoms
16 Februari 2014 - 08:21:20 WIB

Heloo admin orang yang kreatif... lebih kreatif lagi jika bahan terkini diinput ..
Injury Tacoma
16 Februari 2014 - 10:23:05 WIB

Banyak ilmu banyak manfaat yang bisa kita lakukan.
Raspberry Ketones
20 Februari 2014 - 19:56:45 WIB

Ulah geng motor kembali bikin rusuh.
Saffron Extract Review
21 Februari 2014 - 10:32:47 WIB

Hanya manusia-manusia dengan kekuatan yang besar yang mampu mengucapkan kata MAAF saat melakukan kesalahan, dan memaafkan orang yang bersalah padanya dengan tulus.
Roof Contractor
25 Februari 2014 - 08:49:56 WIB

Harus kreatif dan pantang menyerah.
Apply For Social Security Disability
01 Maret 2014 - 22:24:50 WIB

Thanks for the information, very helpful, always successful brow..
Industrial Vacuum Cleaner
11 Maret 2014 - 21:24:04 WIB

Menuju kecerdasan dan kemandirian.
Electrician Seattle
19 Maret 2014 - 09:46:27 WIB

Makin menarik dan ditunggu info berikutnya. http://goo.gl/oLJyKo $ http://goo.gl/Gj5iFV
obat herbal nyeri sendi murah
21 Maret 2014 - 09:56:08 WIB

obat herbal nyeri sendi murah http://goo.gl/XTHrtO
obat demam berdarah tradisional
21 Maret 2014 - 10:23:05 WIB

obat demam berdarah tradisional http://goo.gl/CNmkf6
obat penyakit radang paru paru alami
21 Maret 2014 - 10:32:26 WIB

obat penyakit radang paru paru alami http://goo.gl/aOJJRY
obat jerawat tradisional
21 Maret 2014 - 10:41:48 WIB

obat jerawat tradisional http://goo.gl/iK3yIv
obat penurun trigliserida tinggi alami
21 Maret 2014 - 10:51:49 WIB

obat penurun trigliserida tinggi alami http://goo.gl/6LqwiX
obat herbal cacar air semua usia
21 Maret 2014 - 11:06:02 WIB

obat herbal cacar air semua usia http://goo.gl/E9Jl2y
obat penyakit pendarahan lambung
21 Maret 2014 - 11:19:33 WIB

obat penyakit pendarahan lambung http://goo.gl/JGoz19
penyakit thalasemia
21 Maret 2014 - 11:31:00 WIB

penyakit thalasemia http://goo.gl/3rLggO
CCTV Bandung
25 Maret 2014 - 18:54:25 WIB

makanan sore, dengan ilmu dan pengetahuan menarik di website ini terimakasih
CCTV Bandung Murah
25 Maret 2014 - 19:01:44 WIB

singkat, jelas, padat, berisi
ISP di Bekasi
25 Maret 2014 - 19:02:41 WIB

Terima kasih om admin telah berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan
Eiger
25 Maret 2014 - 19:04:07 WIB

makasih admin informasi dan beritanya sangat berguna dan bermanfaat untuk pembaca
Palm Springs Resort
27 Maret 2014 - 21:31:23 WIB

Yuk terus gabung dengan kami disini.
Palm Springs Resort
27 Maret 2014 - 21:34:13 WIB

Yuk terus gabung dengan kami disini.
obat herbal penurun sgot sgpt tinggi
30 Maret 2014 - 16:30:26 WIB

obat herbal penurun sgot sgpt tinggi http://goo.gl/vycB9X
obat herbal penyakit kista
30 Maret 2014 - 17:12:01 WIB

obat herbal penyakit kista http://bit.ly/1egmbp2 - http://goo.gl/LqX9x
obat penyembuhan penyakit asam urat
30 Maret 2014 - 17:28:28 WIB

obat penyembuhan penyakit asam urat http://bit.ly/1fAR74y - http://goo.gl/9Mhqo0
pengobatan penyakit tbc batuk darah
30 Maret 2014 - 17:42:52 WIB

pengobatan penyakit tbc batuk darah http://bit.ly/1itIeg9 - http://goo.gl/vbbpGQ
obat herbal penurun tekanan darah tinggi
30 Maret 2014 - 17:58:42 WIB

obat herbal penurun tekanan darah tinggi http://bit.ly/1finKZW - http://goo.gl/PV14fT
obat alami penurun trigliserida tinggi
30 Maret 2014 - 18:41:10 WIB

obat alami penurun trigliserida tinggi http://bit.ly/1drBIDi - http://goo.gl/J81kKs
obat herbal tukak lambung
30 Maret 2014 - 19:06:09 WIB

obat herbal tukak lambung http://bit.ly/1mRbRyp - http://goo.gl/jbbNt9
penanganan alergi obat yang aman
30 Maret 2014 - 19:33:51 WIB

penanganan alergi obat yang aman http://bit.ly/1mbozXl - http://goo.gl/qmcuLD
obat alami penyembuhan penyaki diare
30 Maret 2014 - 19:52:15 WIB

obat alami penyembuhan penyaki diare http://goo.gl/6QH3AV
Paket Umroh Murah
04 April 2014 - 02:27:32 WIB

Terima kasih om admin telah berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan
CCTV Murah
04 April 2014 - 02:28:16 WIB

saya terkesan dengan cara admin menyajikan tulisannya..
CCTV Bandung
04 April 2014 - 02:28:48 WIB

saya pikir harusnya web kayak gini yang banyak traffiknya..
CCTV Jakarta
04 April 2014 - 02:29:51 WIB

Alkhamdulillah, bagus untuk penyegaran informasi atas kesibukan kita.
Risperdal Attorney
16 April 2014 - 07:09:53 WIB

Pembelajaran yang penting kita dapat.
Unetenet
20 April 2014 - 18:23:32 WIB

Koalisi Indonesia Raya, mampukah berbicara ?
Wedding Officiants Los Angeles
04 Mei 2014 - 11:17:24 WIB

Artikelnya sangat OK dan penting buat kita.
457 Visa AU
08 Mei 2014 - 14:57:23 WIB

Bicara soal posting hebat, ada disini.
How To Get A Girl To Like You
21 Mei 2014 - 20:02:42 WIB

situs yang banyak bermanfaat bagi para pengunjung..
injurylawyertelumsden.com
30 Mei 2014 - 21:01:48 WIB

Semangat untuk menjadi lebih baik, sukses !
kata kata bijak motivasi kerja
07 Juli 2014 - 18:51:57 WIB

senang sekali bisa membaca berita di web ini,ulasan beritanya sangat bagus banget nih
http://cinta009.blogspot.com/

Elopement Packages Los Angeles
17 Agustus 2014 - 06:36:48 WIB

Kita cinta keberadaan website yang cerdas dan bertanggung jawab. salam http://goo.gl/1H3BpP
Palm Springs Marriage License
18 Agustus 2014 - 13:54:52 WIB

Besar manfaatnya bagi masyarakat, OK punya.
Pest Control Coral Springs FL
21 Agustus 2014 - 07:41:53 WIB

Tetap damai dan menjaga kebersamaan.
Palm Springs Marriage License
23 Agustus 2014 - 07:15:17 WIB

Manteb, tegas, aktual dan konkrit http://goo.gl/EuEuKC + http://goo.gl/qjC9ut
extenzereviewsguide.com
24 Agustus 2014 - 06:47:01 WIB

Ilmu harus dicari untuk menjadi manusia cerdas.
genf20plusreviewshub.com
28 Agustus 2014 - 08:55:45 WIB

Dengan memberi komentar, kita bisa menyampaikan pesan.
Obat Jantung Tradisional Herbal
06 September 2014 - 11:44:40 WIB

info yang sangat bermanfaat... mkasih sob.. http://goo.gl/vHRqFL
Ace Maxs Indonesia
18 September 2014 - 11:46:38 WIB

makasih infonya sobat...
Gas Grills Reviews
28 September 2014 - 11:20:39 WIB

Mantap tenan. Makasih Pak, ini adalah salah satu situs favorit ana
distributor vertical blind
13 Oktober 2014 - 02:41:11 WIB

Great post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
Extremely useful information specially the last part :) I care for such information a lot.
I was seeking this certain information for a long time. Thank you and
best of luck. http://rollerblind.web.id/
Jasa SEO di Jakarta
15 Oktober 2014 - 03:29:31 WIB

Thanks a lot for sharing this with all of us you
really recognize what you're speaking about! Bookmarked.
Kindly additionally consult with my website =).
We could have a link trade agreement between us http://belajarseo700.wordpress.com/
pulau yang hilang di indonesia
15 Oktober 2014 - 07:01:36 WIB

Very good information. Lucky me I recently found your site by chance (stumbleupon).
I have saved as a favorite for later! http://letsgoto.url.ph/pulauharapan26499
Harga Paket Wisata Pulau Tidung
15 Oktober 2014 - 08:28:49 WIB

Keep on working, great job! http://pulautidung.hol.es/
CCTV Bandung
15 Oktober 2014 - 11:00:44 WIB

Terimakasih untuk informasi dan beritanya
CCTV Bandung
15 Oktober 2014 - 11:01:52 WIB

Terima kasih, informasinya sangat berguna
Distributor CCTV
15 Oktober 2014 - 11:04:09 WIB

saya senang bisa menemukan web ini :)
CCTV Bali
15 Oktober 2014 - 11:04:46 WIB

mudah dipahami artikelnya... so far so good..
Pulau Tidung
17 Oktober 2014 - 00:01:42 WIB

Hey there, You've done an incredible job. I'll definitely digg it
and personally recommend to my friends. I am confident they will be benefited from this site.
http://blogpulautidung.hol.es/
Toko Roller Blind
18 Oktober 2014 - 18:56:36 WIB

Hmm it seems like your site ate my first comment (it was super long) so I
guess I'll just sum it up what I wrote and say, I'm thoroughly enjoying your blog.
I as well am an aspiring blog writer but I'm still new to the whole thing.
Do you have any points for inexperienced blog writers? I'd certainly appreciate it.
http://roller-vertical-blind-murah.hol.es/
harga timbangan digital
19 Oktober 2014 - 01:59:54 WIB

Asking questions are really fastidious thing if you are not understanding anything completely, however this article gives fastidious understanding
even. http://blog-timbangan-digital.hol.es/
Jual Timbangan Digital Murah
19 Oktober 2014 - 02:06:27 WIB

Hi! I could have sworn I've been to your blog before but after going through a few
of the articles I realized it's new to me. Anyhow, I'm definitely pleased I discovered it and I'll be book-marking it and checking back regularly!
http://blog-timbangan-digital.hol.es/
timbangan digital
19 Oktober 2014 - 10:05:18 WIB

Hi there I am so thrilled I found your blog page,
I really found you by error, while I was researching on Aol for something else, Anyhow I am
here now and would just like to say thank you for a incredible post and a all round exciting blog (I also love the theme/design), I don’t have
time to go through it all at the minute but I have saved it and also included your RSS feeds,
so when I have time I will be back to read a lot more,
Please do keep up the awesome jo. http://blog-timbangan-digital.hol.es/
Pengacara Perceraian
20 Oktober 2014 - 06:28:14 WIB

Hi there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be
ok. I'm undoubtedly enjoying your blog and look forward to new
updates. http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa SEO Profesional
22 Oktober 2014 - 13:49:56 WIB

Howdy! I simply would like to offer you a huge thumbs up
for your great info you've got here on this post. I'll be coming back to your web site for more soon. http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/
Roller Blind
23 Oktober 2014 - 08:54:05 WIB

Amazing! Its in fact amazing paragraph, I have got much clear idea about from this post.
http://indoblind.com/
kepulauan seribu
23 Oktober 2014 - 15:32:12 WIB

Thank you for some other excellent article. Where
else may just anyone get that type of info in such a perfect way of writing?

I've a presentation next week, and I'm on the look for such
information. http://blogpulauseribu.hol.es/
paket pulau pari
24 Oktober 2014 - 00:05:45 WIB

Hi there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that
would be okay. I'm absolutely enjoying your blog
and look forward to new updates. http://paketwisatapulaupari.hol.es/
pulau pari
24 Oktober 2014 - 02:59:46 WIB

When someone writes an paragraph he/she keeps the idea of a user in his/her mind that how a user can be aware of it.
So that's why this article is outstdanding. Thanks! http://paketwisatapulaupari.hol.es/
pulau harapan
25 Oktober 2014 - 22:20:47 WIB

For the reason tɦat tҺe admin oof tɦis site is woгking, no doubt very soon it will bbe famous,
ԁue to itѕ quality contents. http://pakettravelpulaupari.hol.es/
Jasa SEO
26 Oktober 2014 - 19:17:24 WIB

Wow, this article is nice, my younger sister is analyzing these
kinds of things, so I am going to tell her. http://jasaseojakarta3281.wordpress.com/
pulau pari
27 Oktober 2014 - 07:32:46 WIB

First off I would like to say excellent blog! I had a quick question which I'd like
to ask if you don't mind. I was interested to know how you center
yourself and clear your head prior to writing.
I have had difficulty clearing my thoughts in getting my thoughts out.
I truly do enjoy writing however it just seems like the first
10 to 15 minutes are generally lost just trying to figure out how to begin. Any recommendations or hints?
Many thanks! http://ceponymi.blog.com
Jasa SEO
27 Oktober 2014 - 12:57:48 WIB

Appreciate this post. Let me try it out. http://artikelpulautidung.hol.es/
Pulau Pari indah
28 Oktober 2014 - 21:20:45 WIB

Amazing! Its really awesome article, I have got much clear idea on the topic of from this
piece of writing. http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
wisata pulau seribu
30 Oktober 2014 - 17:30:27 WIB

I want to to thank you for this good read!! I definitely loved every bit of it.
I've got you book marked to look at new things
you post… http://zuspinja.blog.com
pengacara
31 Oktober 2014 - 01:16:11 WIB

Good blog you have got here.. It's difficult to find high-quality writing like yours these days.

I really appreciate people like you! Take care!! http://vemindza.blog.com/
travel pulau pari murah
31 Oktober 2014 - 17:49:22 WIB

I feel this is one of the most significant info for me. And i am glad reading your article.
However wanna statement on some general things, The site taste is perfect,
the articles is really nice : D. Just right task, cheers http://is.gd/iU0fWq
pulau pari
31 Oktober 2014 - 20:57:16 WIB

Superb blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
I'm hoping to start my own site soon but I'm a little lost on everything.
Would you advise starting with a free platform like Wordpress or go for a paid option? There are so many
choices out there that I'm totally overwhelmed .. Any recommendations?
Many thanks! http://is.gd/rjPO69
jual timbangan digital murah
01 November 2014 - 15:16:05 WIB

Hey very nice blog! http://tinyurl.com/p3ru8mn
timbangan emas
01 November 2014 - 15:50:25 WIB

Hello, Neat post. There is an issue with your site in web explorer, could check this?
IE still is the market leader and a huge element of other folks will miss your fantastic writing because of this problem.
http://cort.as/JW08
jasa seo
02 November 2014 - 13:49:45 WIB

It's really a great and helpful piece of info.
I'm satisfied that you simply shared this helpful info with us.
Please keep us informed like this. Thanks for sharing. http://tinyurl.com/n9m8dhu
roller blind
03 November 2014 - 03:38:51 WIB

Hey there! I realize this is somewhat off-topic but I had to ask.
Does managing a well-established blog like yours require a lot of work?
I'm brand new to running a blog however I do write in my journal every day.

I'd like to start a blog so I will be able to share my personal experience
and views online. Please let me know if you have any suggestions or tips for brand new aspiring blog owners.
Thankyou! http://qibranm.blog.com/2014/11/02/roller-blind/
jasa seo
03 November 2014 - 20:26:16 WIB

Hi to every body, it's my first visit of this blog; this weblog includes amazing and genuinely good information for readers.
http://tinyurl.com/mou3k5z
jasa seo surabaya murah bergaransi
03 November 2014 - 21:34:45 WIB

First of all I want to say terrific blog! I had a quick question which I'd like to ask if
you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your head before
writing. I have had a difficult time clearing my thoughts in getting my thoughts out there.
I do enjoy writing but it just seems like the first
10 to 15 minutes tend to be wasted just trying to figure out how to begin. Any recommendations
or hints? Many thanks! http://tinyurl.com/kn674bj
jasa seo google plus
03 November 2014 - 23:44:34 WIB

You ought to take part in a contest for one of the highest quality sites
on the internet. I am going to recommend this site!

http://tinyurl.com/kynp3wz
jasa seorang guru
04 November 2014 - 03:22:41 WIB

Everything is very open with a very clear description of the issues.

It was truly informative. Your website is useful.
Thanks for sharing! http://tinyurl.com/qjrv6pk
timbangan gantung
04 November 2014 - 23:18:08 WIB

Paragraph writing is also a excitement, if you be acquainted with after that you
can write if not it is complicated to write.

http://jualtimbangandigitalmurah.hol.es/
timbangan laboratorium
04 November 2014 - 23:24:51 WIB

What's up, I desire to subscribe for this website to obtain newest updates, therefore where can i do it please help.
http://jualtimbangandigitalmurah.hol.es/
jasa backlink seo
08 November 2014 - 03:31:51 WIB

Hi there, I wish for to subscribe for this web site to get hottest updates,
thus where can i do it please assist. http://tinyurl.com/kl6y8v3
jasa backlink seo
08 November 2014 - 03:44:18 WIB

Hi everyone, it's my first pay a quick visit at this web site, and post is in fact fruitful
designed for me, keep up posting such content. http://tinyurl.com/q37pjzo
paket pulau pramuka
09 November 2014 - 21:18:02 WIB

Why viewers still make use of to read news papers when in this technological globe everything is presented
on web? http://blogpulaupramuka.hol.es/
travel paket pulau pramuka murah
10 November 2014 - 02:12:49 WIB

I love it when individuals come together and share opinions.
Great website, keep it up! http://blogpulaupramuka.hol.es/
travel pulau tidung
10 November 2014 - 13:13:07 WIB

Hey! I know this is somewhat off-topic however I needed to ask.

Does building a well-established blog like yours require a large amount of work?
I'm brand new to running a blog but I do write in my diary everyday.
I'd like to start a blog so I can share my own experience and feelings online.
Please let me know if you have any suggestions or tips for new
aspiring blog owners. Thankyou! http://pulau-tidung.hol.es/
paket pulau tidung
10 November 2014 - 14:30:34 WIB

Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for?
you made blogging look easy. The overall look of your web site is great, as well as the content!
http://is.gd/bQ8oo6
travel pulau tidung
10 November 2014 - 16:13:11 WIB

I am sure this paragraph has touched all the internet visitors, its really really good piece of writing on building
up new web site. http://letsgoto.url.ph/pulotidung
Paket Wisata Ke Pulau Tidung 2 Hari 1 Malam
10 November 2014 - 20:10:08 WIB

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this post and also the
rest of the website is also really good. http://letsgoto.url.ph/pakettidung
harga timbangan digital
11 November 2014 - 00:54:38 WIB

What's up to every body, it's my first visit of this web site; this webpage carries awesome and in fact
excellent information for readers. http://letsgoto.url.ph/harga
Wisata pulau tidung
12 November 2014 - 04:51:28 WIB

I believe that is one of the such a lot important information for me.
And i'm satisfied studying your article. But should observation on some normal issues, The website style is wonderful, the articles is actually nice : D.
Just right process, cheers http://epfacebook.eu/backpacker_pulau_tidung_393669
paket wisata pulau tidung
12 November 2014 - 11:29:13 WIB

This piece of writing will help the internet visitors for building up new weblog or even a weblog from start to
end. http://backpackerpulautidung.hol.es/
harga timbangan
12 November 2014 - 20:55:48 WIB

Thanks for sharing your thoughts on berita. Regards http://is.gd/otxF7S
harga timbangan
12 November 2014 - 22:32:12 WIB

What's up, I log on to your new stuff like every week.

Your humoristic style is witty, keep up the good
work! http://cort.as/KX_z
timbangan digital
13 November 2014 - 11:50:42 WIB

I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!

I'll go ahead and bookmark your website to come back later.
Many thanks http://letsgoto.url.ph/kenko
paket Pulau Tidung
13 November 2014 - 17:37:18 WIB

Hello there! Would you mind if I share your blog with my facebook
group? There's a lot of people that I think would
really appreciate your content. Please let me know.
Many thanks http://is.gd/GwJxEh
pulau harapan murah
14 November 2014 - 07:36:07 WIB

Howdy! I could have sworn I've visited this blog before but
after browsing through some of the articles
I realized it's new to me. Anyways, I'm definitely happy I stumbled upon it and I'll be book-marking it and checking back
frequently! http://infoblogpulauseribu.hol.es/
Beatriz
15 November 2014 - 03:03:28 WIB

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great.

I do not know who you are but definitely you are
going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

http://cort.as/KzDz
harga timbangan digital
16 November 2014 - 06:48:49 WIB

I will immediately take hold of your rss feed as I can't in finding your email subscription hyperlink or e-newsletter service.
Do you've any? Kindly permit me know in order that I may subscribe.
Thanks. http://pd7.eu/hargatimbangan723565
pulau pari
16 November 2014 - 09:33:08 WIB

Does your site have a contact page? I'm having trouble locating it but,
I'd like to shoot you an email. I've got some suggestions
for your blog you might be interested in hearing.

Either way, great blog and I look forward to seeing it develop over time.
https://www.facebook.com/sakuratravel.asia
paket tour pulau pramuka murah
16 November 2014 - 21:24:52 WIB

This is a very good tip especially to those fresh to the blogosphere.

Simple but very accurate info… Appreciate your sharing this
one. A must read post! http://9o9.us/5o0x
Pulau Pari Murah
17 November 2014 - 16:03:51 WIB

I'm curious to find out what blog platform you happen to be working with?
I'm having some small security problems with my latest website and I would like to find something more secure.
Do you have any suggestions? http://jasonchua.me/bvhhy
sprei jepang 3d
18 November 2014 - 00:51:21 WIB

I don't even know how I ended up here, but I thought this post was good.

I don't know who you are but definitely you are going to a famous
blogger if you aren't already ;) Cheers! http://urlr.be/short/post5469e37ac3cb17c76e8b4583822094
Harga Tour Pulau Pari Murah
18 November 2014 - 03:57:34 WIB

I think the admin of this website is actually working hard in support of his
site, as here every stuff is quality based information. http://hib.to/4lht
paket pulau pari
19 November 2014 - 11:22:17 WIB

I have read some good stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting.
I surprise how much effort you place to make this sort of excellent informative site.
http://pd7.eu/pari993439
Harga Tour Pulau pramuka Murah
20 November 2014 - 01:01:05 WIB

Hi there! I know this is kinda off topic but I was
wondering which blog platform are you using for this site?
I'm getting sick and tired of Wordpress because
I've had issues with hackers and I'm looking at options for another platform.
I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.
http://oerk.at/4qvz
pulau tidung
21 November 2014 - 12:04:39 WIB

Hi just wanted to give you a brief heads up and let you
know a few of the pictures aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking issue.
I've tried it in two different browsers and both show the
same results. http://1.la7.org/18fa
web page
21 November 2014 - 18:51:45 WIB

Howdy! This is kind of off topic but I need
some guidance from an established blog. Is it very hard to set up your own blog?
I'm not very techincal but I can figure things out pretty fast.
I'm thinking about creating my own but I'm
not sure where to start. Do you have any points or suggestions?

Thank you http://by.ix-cafe.com/5wwy
pulau tidung
22 November 2014 - 08:02:07 WIB

What's up friends, nice paragraph and nice urging commented at this place, I am really enjoying by these.

http://cort.as/K6aa
Pendaftaran HAKI
22 November 2014 - 17:42:32 WIB

Just want to say your article is as astounding. The clarity to
your submit is simply great and i can assume you're a professional on this subject.
Fine with your permission allow me to grasp your feed to keep up to
date with approaching post. Thanks one million and please carry on the enjoyable work.
http://doo.lu/4maad
Travel Paket Pulau Pramuka Murah
22 November 2014 - 23:21:31 WIB

Hey there, You've done an incredible job. I'll certainly digg it and personally suggest to my
friends. I am confident they'll be benefited from this web
site. http://oerk.at/murah913385
jual vertical Blind shinichi
23 November 2014 - 02:37:50 WIB

When some one searches for his required thing, thus he/she wishes to be available that in detail, therefore
that thing is maintained over here. http://go.d77.in/cC4f
baju bali
24 November 2014 - 06:05:46 WIB

Thanks for one's marvelous posting! I genuinely enjoyed reading
it, you're a great author. I will make sure to bookmark your blog and may come
back down the road. I want to encourage you to definitely continue your great writing, have a
nice evening! http://underswo.de/bali990005

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

 


Langganan RSS





/ /



866433

Pengunjung hari ini : 317
Total pengunjung : 320083

Hits hari ini : 530
Total Hits : 866433

Pengunjung Online: 12





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera
KHUTBAH

Lihat Hasil Poling