Beranda » Kajian Al Quran » KEADILAN GENDER DALAM ISLAM

Selasa, 14 Juni 2011 - 15:51:10 WIB
KEADILAN GENDER DALAM ISLAM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kajian Al Quran - Dibaca: 4034 kali

Keadilan dan Persamaan dalam Islam

Oleh: Emi Puasa Handayani, SH, MH

Dosen Fakultas Hukum Uniska / Warga Gria Intan Permai GE.4

Jika kita berkecipung dalam dunia hukum, akan berhadapan dengan pengertian adil, keadilan maupun persamaan. Istilah adil, sangat mudah untuk diucapkan namun sulit untuk diterapkan. Dalam Islam  banyak ditemukan perintah agar keadilan tersebut di terapkan dalam kehidupan sehari hari baik oleh pemimpin maupun rakyat kecil.

Menegakan keadilan, tidak bisa lepas dari persamaan, dalam Islam jelas diterangkan  bahwa  umat manusia itu merupakan satu kesatuan dalam perbedaan . ”Hai Manusia,  sesungguhnya kami telah menciptakan kamu  dari seorang laki-laki  dan perempuan  dan menjadikan kalian bersuku suku dan berbangsa bangsa  supaya kalian   saling mengenal. Dan sesungguhnya  orang yang paling mulia  diantara  kalian disisi Allah adalah  orang yang  bertaqwa. (QS. 49 ayat 113).

Allah menciptakan  apakah itu presiden atau rakyat jelata, pemerintah maupun yang diperintah,   tuan atau budak,  laki-laki  atau perempuan  kulit putih atau hitam, bangsa Indonesia atau Arab,  semuanya  penciptaan awal digambarkan dalam bentuk yang sama. Mereka diciptakan oleh Allah  tanpa pakaian,  tanpa alas kaki. Islam  menetapakan  bahwa manusia itu sama  seperti  gerigi dalam  sisir bahwa ukuran  yang digunakan untuk  mengetahui  keutaman mereka adalah  kualitas mereka dalam menjalankan perintah  Allah,  takut pada  Allah,  menjauhi segala larangan Allah, dan menegakan ketentuan Allah. Tidak ada artinya  menilai manusia dari paras cantik atau tidak cantik, ganteng atau tidak ganteng,  atau berdasarkan warna kulit, suku bangsa bahasa  serta kondisi sosial ekonomi.

Rasulullah dengan tegas  menyatakan bahwa dirinya adalah manusia, sama dengan manusia lainnya. Allah juga  memberlakukan hukum  kepada nabi  Muhammad SAW seperti yang berlaku pada seluruh umat manusia  baik perintah maupun larangan. Seperti  dicantumkan dalam Firman Allah :Katakanlah , sesungguhnya  aku ini hanya  seorang manusia seperti kalian. (QS: 18 ayat 110).

Pandangan Islam  tentang  manusia yang berdasarkan persamaan  sudah berjalan   dikalangan masyarakat Islam sejak zaman nabi dan para sahabat. Pandangan ini telah menjadi hal paling penting yang telah melekat  didalam jiwa dan  terwujud dalam   kenyataan hidup sehari hari sejak dari kepemimpian Abubakar, Usman, Umar dan Ali. Hakekat persamaan tiap manusia itu, harus diterapkan dalam penegakan keadilan disaat ini.      

Islam menegaskan  bahwa mengabaikan keadilan  adalah suatu kedzaliman. Padahal Allah,  telah mengharamkan  kedzaliman dan  menghinakan para pelaku serta   mangancam para pelaku tersebut dengan  siksaan yang keras  pada hari pembalasan diakherat nanti. Allah juga  menjelaskan akan menghancurkan pelaku kedzaliman saat mereka masih  berada dimuka bumi. ”Kepada  malaikat,  Allah memerintahkan, kumpulkanlah orang dzalim yang tidak menegakan keadilan  beserta kru atau sejawatnya, besok dihari kiamat”, (QS. 42 ayat 15).  Dan janganlan sekali kali   kamu mengira bahwa  Allah  akan lupa pada para pelaku  yang telah berbuat dzalim dimuka bumi ini. (QS. 32 ayat 22).

Dihari Qiamat nanti,  ada  penyeru  yang berseru  dimana orang-orang dzalim dan  teman-teman  pendukung kedzaliman. Mereka semua dikumpulkan, lalu mereka dilemparkan kedalam api neraka. (Tafsir ar-Rozi vol X hal 141). Kedzaliam itu adalah  sesuatu yang haram    dan sangat jelek menurut Islam. Dzalim dalam istilah sederhana adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempat yang semestinya. Lawan dari Dzalim adalah Adil.

Ajaran Islam secara tegas  tidak  memberikan tempat  pada orang orang  yang tidak menegakkan  keadilan. Ajaran Islam tersebut pernah dilaksanakan saat Umar bin Khotob menjadi pemimpin umat Islam. Jika aku menyimpang dari  amanat dan tidak menegakan keadilan, maka aku rela untuk  ditebas kepalaku dengan pedang. (Said Hawa, al Islam,vol III hal 156).

Islam  mewajibkan pada  semua hakim untuk  menegakan keadilan  pada  seluruh manusia tanpa   memandang bahasa, asal  negara, kaya miskin,  kulit hitam, kulit putih, kulit berwarna  berasal dari keturunan ningrat atau rakyat jelata. Tak ada perbedaan atau diskriminasi dalam penegakkan hukum, yang salah  harus dihukum yang benar harus bebas. ”Dan janganlah  sekali kali kebencian   kalian terhadap sesuatu kaum mendorong kalian  untuk berlaku tidak adil. Berlaku adilah karena  adil itu lebih dekat pada taqwa.  (QS.5 ayat 8).

 Maksudnya kira kira   janganlah  hanya karena benci pada suatu kaum, kemudian kaum itu kita hukum berat  Atau dengan kata lain   jangan sampai  karena kita mencintai suatu kaum  lalu kita   tidak mencintai kaum yang lainnya. Keadilan sesungguhnya adalah  kejujuran dan kasih sayang . Siapapun yang tidak  berlaku adil  kepada sesama manusia  dia bukan orang yang jujur   pada diri sendiri maupun orang lain. Siapapun yang  berlaku tidak adil  dan tidak membela  orang yang teraniaya, tertindas berarti ia termasuk orang yang tidak mengasihi sesama  manusia. Orang seperti itu hatinya  tidak pernah mengenal kasih sayang .

Sebagai penutup dari tulisan ini, yang perlu diingat adalah jika  umat manusia sudah merasakan keadilan ditegakan dalam kehidupan  masyarakat baik  terhadap kaum muslimin maupun non muslim  terhadap yang kaya maupun yang miskin, terhadap penguasa atau rakyat, maka jiwa akan tenang. Keadaan akan nampak tentram,  masyarakat akan  terlihat riang. Selanjutnya akan terwujud tata kehidupan  yang damai aman tentram dan selamat.



87 Komentar :

Yaz Lawsuit Information
23 September 2013 - 07:55:45 WIB

Good morning to everyone commenting on this great website. Udah pada sarapan belom? Ke kantin aja yuk.
Obat Liver
02 Desember 2013 - 13:42:25 WIB

semoga anda berbahagia dan sesalu didepan
Obat Herbal Kolesterol Tinggi
06 Desember 2013 - 15:08:13 WIB

Dari Lubuk hati yang paling dalam saya ucapkan "Nice Gan For Artikelnya, Ane udah baca"
Permisi mampir ya:
http://goo.gl/IXXl9g
hot Christmas toys 2013
08 Desember 2013 - 05:55:40 WIB

Jadi makin semangat cari info yang lain. Tengkyu.
Obat Asam Lambung
10 Desember 2013 - 14:33:22 WIB

Dalam kehidupan sering kita jumpai berbagai jenis sifat dan sikap seseorang, namun itulah yang menjadi ciri khas kita untuk menciptakan pelangi yang indah
http://goo.gl/AwIbQQ
Obat Penyempitan Tulang Belakang
25 Februari 2014 - 15:26:25 WIB

Semoga anda selalu sukses, dan terimakah untuk informasi yang bermanfaatnya sangat membantu
Obat Penyumbatan Pembuluh Darah
25 Februari 2014 - 15:28:17 WIB

Artikel ini sangat menarik untuk di simak dan bagus untuk di jadikan referensi
Pantangan Makanan Penderita Wasir
25 Februari 2014 - 15:29:41 WIB

Saya tak salah telah membaca artikel ini karena artikel ini sangat bermutu
Grosir Tas
13 Maret 2014 - 16:42:58 WIB

Nice info
obat herbal penurun sgot sgpt tinggi
17 Maret 2014 - 10:11:14 WIB

obat herbal penurun sgot sgpt tinggi http://goo.gl/vycB9X
obat herbal penyakit kista
17 Maret 2014 - 10:21:57 WIB

obat herbal penyakit kista http://bit.ly/1egmbp2 - http://goo.gl/LqX9x
obat asam urat
17 Maret 2014 - 10:29:46 WIB

obat asam urat http://goo.gl/YkDTF
pengobatan penyakit tbc batuk darah
17 Maret 2014 - 10:35:27 WIB

pengobatan penyakit tbc batuk darah http://goo.gl/vbbpGQ - http://bit.ly/1itIeg9
obat penyembuhan penyakit asam urat
17 Maret 2014 - 10:45:25 WIB

www.beritasatu.com/
obat penyembuhan penyakit asam urat
17 Maret 2014 - 10:46:34 WIB

obat penyembuhan penyakit asam urat http://goo.gl/9Mhqo0 - http://bit.ly/1fAR74y
obat herbal penurun tekanan darah tinggi
17 Maret 2014 - 11:03:07 WIB

obat herbal penurun tekanan darah tinggi http://goo.gl/PV14fT - http://bit.ly/1finKZW
penanganan alergi obat yang aman
17 Maret 2014 - 11:12:27 WIB

penanganan alergi obat yang aman http://goo.gl/qmcuLD - http://bit.ly/1mbozXl
obat herbal penyakit liver alami
17 Maret 2014 - 11:34:36 WIB

obat herbal penyakit liver alami http://goo.gl/CpAkoh
obat herbal asam urat alternatif
17 Maret 2014 - 11:36:24 WIB

obat herbal asam urat alternatif http://goo.gl/vwO1Ut
obat herbal maag kronis alami
17 Maret 2014 - 11:45:59 WIB

obat herbal maag kronis alami http://goo.gl/uUFX3X
obat alternatif kolesterol tinggi alami
17 Maret 2014 - 11:46:56 WIB

obat alternatif kolesterol tinggi alami http://goo.gl/vi7gpf
obat alami penurun trigliserida tinggi
17 Maret 2014 - 11:56:40 WIB

obat alami penurun trigliserida tinggi http://goo.gl/J81kKs - http://bit.ly/1drBIDi
obat alternatif stroke kronis dan ringan
17 Maret 2014 - 12:04:48 WIB

obat alternatif stroke kronis dan ringan http://goo.gl/rE3FWv
obat herbal tukak lambung
17 Maret 2014 - 12:13:59 WIB

obat herbal tukak lambung http://goo.gl/jbbNt9 - http://bit.ly/1mRbRyp
obat herbal tbc paru alternatif
17 Maret 2014 - 12:24:36 WIB

obat herbal tbc paru alternatif http://goo.gl/FZDw5w
obat batuk darah aman
17 Maret 2014 - 13:22:30 WIB

obat batuk darah aman http://goo.gl/YxJhw - http://bit.ly/1bMtgRK
obat herbal kanker serviks alternatif alami
17 Maret 2014 - 13:34:15 WIB

obat herbal kanker serviks alternatif alami http://goo.gl/RTEorD
penyembuhan alternatif penyakit asam urat
17 Maret 2014 - 13:45:20 WIB

penyembuhan alternatif penyakit asam urat http://bit.ly/1k7XALH - http://goo.gl/g9X5UE
obat herbal kanker leher rahim alami
17 Maret 2014 - 13:56:11 WIB

obat herbal kanker leher rahim alami http://goo.gl/Xo36SH
obat alami penyembuhan amandel bengkak
17 Maret 2014 - 14:07:27 WIB

obat alami penyembuhan amandel bengkak http://goo.gl/XKzkof - http://bit.ly/1fvm4ei
obat alami penyembuhan amandel bengkak
17 Maret 2014 - 14:08:16 WIB

obat alami penyembuhan amandel bengkak http://goo.gl/XKzkof - http://bit.ly/1fvm4ei
obat luka diabetes
17 Maret 2014 - 14:20:03 WIB

obat luka diabetes http://bit.ly/1coGMYu
obat anemia alami yang aman
17 Maret 2014 - 14:35:48 WIB

obat anemia alami yang aman http://goo.gl/R6lWSt - http://bit.ly/O4msqc
obat miom dan kista
17 Maret 2014 - 14:46:45 WIB

obat miom dan kista http://bit.ly/1bQ568P
obat luka operasi caesar
17 Maret 2014 - 14:47:51 WIB

obat luka operasi caesar http://goo.gl/ojqiKS
obat radang usus buntu alternatif
17 Maret 2014 - 14:59:01 WIB

obat radang usus buntu alternatif http://goo.gl/p8IiZl
obat herbal sembelit
17 Maret 2014 - 15:18:57 WIB

cara mengobati hipertensi pada ibu hamil
cara mengobati hipertensi pada ibu hamil
17 Maret 2014 - 15:20:00 WIB

cara mengobati hipertensi pada ibu hamil http://goo.gl/rFEUSl
obat nyeri sendi
17 Maret 2014 - 15:34:36 WIB

obat nyeri sendi http://bit.ly/1aPqoFg
Paket Umroh Murah
10 April 2014 - 16:41:28 WIB

Terima kasih sudah berbagi berita yang menarik
CCTV Jakarta
10 April 2014 - 17:02:39 WIB

makasih informasinya sangat bermanfaat
CCTV Bandung
10 April 2014 - 17:10:59 WIB

layout web nya lumayan bagus nih dibanding yang lain
CCTV Murah Bandung
10 April 2014 - 17:13:16 WIB

terimakasih, telah mendapatkan sesuatu yang baru dan salut atas keorsinilan artikel ini semoga bermanfaat, agar hidup ini lebih berguna dan bemannfaat bagi sesama
Jasa SEO Murah
10 April 2014 - 17:15:10 WIB

terima kasih atas upaya menginformasikan berita terbaru kepada rakyat
ISP di Karawang
10 April 2014 - 17:18:28 WIB

saya gak sengaja masuk page ini, ternyata isi nya lumayan bagus dan update. lanjutgan!
ISP di Jakarta
10 April 2014 - 17:21:15 WIB

sangat bermanfaat dan lengkap,sangat membantu..thanks...this is very interesting
Eiger
10 April 2014 - 17:29:31 WIB

bagus dan super mantap. terimakasih untuk informasinya
Eiger Bandung
10 April 2014 - 17:32:55 WIB

mohon terus update info-info terbaru melalui web ini :)
Eiger
10 April 2014 - 17:35:20 WIB

rakyat menunggu hasil yang baik dan jujur
http://cherokeecounty-nc.gov/redirect.aspx?url=
20 Juni 2014 - 21:45:42 WIB

My brother recommended I may like this web site. He was entirely right.
This post actually made my day. You cann't consider just how so
much time I had spent for this information! Thanks!
Multivitamin Anak
25 Juni 2014 - 10:08:48 WIB

terima kasih banyak atas infonya
kata2 bijak
07 Juli 2014 - 19:04:48 WIB

artikelnya sangat bagus dan menarik sekali nih,di simaknya,mudah mudahan terus memberikan berita terbarunya'
http://cinta009.blogspot.com/

cara melangsingkan tubuh secara efektif
04 Agustus 2014 - 08:34:56 WIB

selamat datang di blog kesehatan yang unggulan di kota tasikmalaya, menyediakan obat obatan herbal alami yang tradisional, serta ampuh , silahkan klik disini : http://goo.gl/b6WXbt
cara melangsingkan perut setelah melahirkan
04 Agustus 2014 - 08:48:06 WIB

thank you verymuch cuh :/ http://goo.gl/YRyIqg
Obat Khusus penyakit Ginjal
04 Agustus 2014 - 09:06:29 WIB

makasih gan infonya
http://goo.gl/xcTfJw
obat penurun berat Badan yang alami
04 Agustus 2014 - 09:39:37 WIB

ingin langsing ,,,,, silhkan klik link disini
: http://goo.gl/Z1s5qL
cara mengatasi disfungsi ereksi
04 Agustus 2014 - 09:54:19 WIB

disini informasi tentang kesehatan dan pengobatan, silahkan tinggal lihat , tinggal di klik : http://goo.gl/UcuLeX
cara menghilangkan lemak ditubuh
04 Agustus 2014 - 10:17:57 WIB

saya cinta indonesia, anda ?

http://goo.gl/PT775l
obat sperma encer yang ampuh
04 Agustus 2014 - 10:37:20 WIB

ih beritanya asik banget, jadi betambah aja pengetahuan gw, makasih gan
http://goo.gl/qKw9Iy
obat pelangsing wanita terbaik
04 Agustus 2014 - 11:02:41 WIB

bagi wanita wanita gendut yang ingin langsing dengan cara aman dan cepat hasilnya , klik disini : http://goo.gl/AxWXRu
Obat Dengan Zat Xanthone Tinggi
04 Agustus 2014 - 11:29:29 WIB

sibuk nih gan , makasih infonya
http://goo.gl/P7mlNW
cara membuat tubuh menjadi langsing
04 Agustus 2014 - 11:46:01 WIB

ini cara untuk membuat tubuh anda para wanita yang inging langsing , silahkan klik : http://goo.gl/UqBJXH
Obat Jantung Tradisional Herbal
06 September 2014 - 11:38:56 WIB

info yang sangat bermanfaat... mkasih sob.. http://goo.gl/vHRqFL
Ace Maxs Indonesia
18 September 2014 - 10:25:17 WIB

makasih infonya sobat...
CCTV Bandung
20 September 2014 - 10:16:59 WIB

mungkin bukan pencapaian tinggi, tapi web ini cukup mencerahkan dan memberikan info yang dibutuhkan
CCTV Murah Bandung
20 September 2014 - 10:18:38 WIB

menarik dan memberikan informasi yang update
Distributor CCTV
20 September 2014 - 10:20:06 WIB

terima kasih atas upaya menginformasikan berita terbaru kepada rakyat
Mesin Absensi Bandung
20 September 2014 - 10:22:09 WIB

ayo berjuang dengan tulisan, membuka wawasan dan mencerahkan pemikiran :)
cctv di bekasi
20 September 2014 - 10:26:25 WIB

jangan sampai kecolongan mengapdate beritanya hehehe..
internet murah di jakarta barat
20 September 2014 - 10:27:28 WIB

It's cool... websitenya mantep banget lho bos...
internet murah di jakarta barat
20 September 2014 - 10:29:57 WIB

informasi yang sangt bagus sekali , terimakasih
pasang roller blind
13 Oktober 2014 - 02:45:08 WIB

Hey very nice blog! http://rollerblind.web.id/
jasa seo murah bergaransi
14 Oktober 2014 - 21:13:15 WIB

It's perfect time to make a few plans for the
longer term and it is time to be happy. I've learn this put up and
if I may just I desire to recommend you some
fascinating issues or tips. Perhaps you could write next articles regarding this article.
I wish to learn even more things about it! http://id-jasapedia.com/jasa-seo/
Agen Pulau Harapan
15 Oktober 2014 - 02:04:56 WIB

What's up, this weekend is good for me, for the reason that this moment i am reading this impressive educational post here at my home.

http://letsgoto.url.ph/pulauharapan26499
Jasa SEO Bergaransi Uang Kembali
15 Oktober 2014 - 02:35:50 WIB

Thanks for the good writeup. It in truth was once a leisure account it.

Glance complex to far added agreeable from you!

By the way, how can we keep in touch? http://belajarseo700.wordpress.com/
jasa seo murah indonesia sexual harassment
15 Oktober 2014 - 05:04:12 WIB

What's Taking place i'm new to this, I stumbled upon this I've discovered It
absolutely helpful and it has aided me out loads. I'm hoping to give a contribution & aid other
users like its helped me. Great job. http://letsgoto.url.ph/1-d2
Wisata Pulau Pari
15 Oktober 2014 - 12:49:47 WIB

Thanks for sharing such a fastidious thinking, post is pleasant, thats why i have
read it completely http://www.tourpulaupari.com/
Jasa SEO
16 Oktober 2014 - 03:39:52 WIB

Hey there! Someone in my Facebook group shared this website with us
so I came to take a look. I'm definitely enjoying the
information. I'm book-marking and will be tweeting this to my followers!

Outstanding blog and outstanding style and design. http://is.gd/JYPX64
Pulau Harapan
17 Oktober 2014 - 00:50:19 WIB

Fantastic site. Lots of useful information here. I am sending it to some pals ans additionally sharing in delicious.

And certainly, thank you for your effort! http://blogpulautidung.hol.es/
Jasa SEO
17 Oktober 2014 - 07:14:36 WIB

What's up, after reading this amazing piece
of writing i am as well happy to share my knowledge here with mates.
http://blogpulautidung.hol.es/
Pulau Tidung
17 Oktober 2014 - 20:18:51 WIB

I love what you guys are up too. This sort of clever work and reporting!

Keep up the excellent works guys I've included you guys to
my blogroll. http://artikelpulautidung.hol.es/
Travel Pulau Haparan
20 Oktober 2014 - 08:49:23 WIB

Thanks very nice blog! http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa Pembuatan Web
20 Oktober 2014 - 16:17:56 WIB

My relatives all the time say that I am wasting my time here at web, except I know I am getting experience daily by reading such good content.
http://jasapembuatanwebsite.over-blog.com/
Jasa Pembuatan Website
22 Oktober 2014 - 17:52:27 WIB

Excellent blog here! Also your site loads up fast!
What web host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
I wish my web site loaded up as fast as yours lol
Jasa Pembuatan Website
22 Oktober 2014 - 20:56:16 WIB

Hello, I enjoy reading through your article. I like to write
a little comment to support you.
Roller Blind
23 Oktober 2014 - 07:51:08 WIB

I could not refrain from commenting. Exceptionally well written! http://indoblind.com/
Jasa SEO Murah
23 Oktober 2014 - 15:24:54 WIB

I'm really inspired along with your writing talents and also with the
structure for your weblog. Is this a paid theme or did you customize it your self?
Anyway stay up the nice high quality writing, it's uncommon to peer a great weblog like this one these days..
http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

 


Langganan RSS





/ /



728713

Pengunjung hari ini : 220
Total pengunjung : 287001

Hits hari ini : 1477
Total Hits : 728713

Pengunjung Online: 14





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera
KHUTBAH

Lihat Hasil Poling