Beranda » Dunia Islam » SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM

Senin, 05 September 2011 - 12:39:15 WIB
SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Dunia Islam - Dibaca: 54672 kali

SEJARAH MATARAM

Kyai Ageng Pemanahan bergelar Kyai Ageng Mataram. Mataram adalah nama daerah yang dihadiahkan kepadanya oleh Sultan Sultan Hadiwijoyo, Sultan di Kerajaan Pajang. Karena Kyai Ageng Mataram bersama putranya Hangabehi Loring Pasar (Danang Sutowijoyo) telah dapat mengalahkan Raden Adipati Aryo Penangsang pada tahun 1527 M di Jipang Panolan.

            Kyai Ageng Pemanahan selanjutnya minta ijin kepada Sultan untuk menempati daerah Mataram itu. Sultan Hadiwijoyo mengizinkan dan berpesan,” Seorang gadis dari Kalinyamat itu supaya diasuh dan dijaga baik-baik. Apalagi sudah dewasa hendaklah dibawa masuk ke Istana”.

            Pesan itu disanggupi oleh Kyai Ageng Pemanahan, tetapi ia memohon agar diperkenankan mengajak putra Sultan Hangabehi Loring Pasar untuk pindah ke Mataram. Kyai Ageng Pemanahan sekeluarga berangkatlah menuju tlatah Mataram disertai dua orang menantunya, yakni Raden Dadap Tulis dan Tumenggung Mayang. Ditambah pula Nyi Ageng Nis istri Kyai Ageng Mataram dan penasehatnya Ki Ageng Juru Martani. Peristiwa ini terjadi pada hari Kamis Pon tanggal 3 Rabiulawal tahun Jimawal. Dalam perjalanan mereka singgah berziarah ke Istana Pengging sehari semalam.

            Kyai Ageng sekeluarga melakukan doa dan sembahyang, memohon petunjuk kepada Tuhan, melakukan semedi dan shalat hajat, doanya ternyata diterima Tuhan, muncul pertanda pepohonan seketika menjadi condong, tetapi pohon serat tinggal tetap tegap. Setelah sembahyang subuh mereka berangkat menuju Mataram dan berhenti di desa Wiyoro. Selanjutnya membangun sebuah desa yakni desa Karangsari setelah singgah sementara waktu Kyai Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani mencari pohon beringin yang telah ditanam oleh Sunan Kali Jogo untuk tetenger di sanalah letaknya wilayah Mataram dimaksud.

            Terdapatlah pohon tersebut di sebelah barat daya Wiyoro. Lalu memilih tanah sebelah selatan beringin yang hendak dipakai sebagai halaman dan rumah untuk bertempat tinggal Kyai Ageng Pemanahan beserta keluarga. Mereka bekerja keras, hingga pembangunan rumah beliau selesai dalam waktu singkat. Kemudian rumah baru segera  ditempati Kyai Ageng Pemanahan yang kemudian tersohor namanya dengan gelar Kyai Ageng Mataram. Banyak saudara asing ke Mataram sehingga menambah ramai dan makmurnya Mataram (sekarang dikenal dengan nama Kotagede, pusat kerajinan perak di Yogyakarta).

            Sahdan gadis pingitan Sinuhun Sultan Hadiwijoyo yang berasal dari Kalinyamat kini telah dewasa. Ngabehi Loring  Pasar (Raden Danang Sutowijoyo) pun telah dewasa. Ia mengganggu gadis pingitan tersebut. Hal ini segera diketahui oleh ayahnya Ki Ageng Mataram. Anaknya dipanggil lalu bersabda:

Ki Ageng Mataram; Anakku..mengapa kamu berani mengganggu gadis pingitan, alangkah amarahnya Sinuhun nanti apabila mengetahui.

Raden Sutowijoyo berkata; ”Saya berani melakukan hal itu, karena telah menerima wahyu.

KAM : Bagaimana kamu dapat mengatakan demikian itu ?

R.S : Ya. Demikianlah ketika mendengar daun nyiur jatuh ayah Sultan terkejut, lagi pula ketika hendak minum air kelapa itu terkejut pula.

            Kyai Ageng Mataram menyatakan, kini belum masanya dan mengajak putranya mengharap untuk berjanji tetap setia. Keduanya berangkat, pergi ke kasultanan Pajang. Sinuhun Sultan Hadiwijoyo sedang bercengkerama dihadap para putranya dan keluarganya. Melihat kedatangan Kyai Ageng Mataram diantar putranya. Lalu sesudah berjabat tangan Ngabehi Loring Pasar pun menghadap menghaturkan sembah-bakti. Sinuhun bertanya dengan keheranan mengapa datang menghadap bukan waktunya menghadap. Kyai Ageng Mataram menyatakan bahwa menghadapnya itu karena putranya telah berdosa besar berani melanggar dan mengganggu gadis pingitan dari Kalinyamat.

            Dengan bijaksana Sinuhun Sultan Hadiwijoyo berkata,”Anak tidak berdosa, kalau demikian memang salah saya, tidak memikirkan anak yang telah dewasa. Oleh karena sudah terlanjur kamipun ikut menyetujui. Tetapi anak jangan dimurka, pinta Sinuhun kepada Ki Ageng Mataram.

            Waktu sudah berjalan sekian lama, karena usianya sudah uzur, Ki Ageng Mataram gering lalu mangkat pada hari Senin Pon 27 Ruwah tahun Je 1533. Dimakamkan di sebelah barat Istana Mataram di Kotagede, Yogyakarta. Sementara itu, Ki Jurumartani pergi ke negeri Pajang menghadapkan putra Ki Ageng Mataram. Sinuhun lalu bercengkerama dengan Ki Jurumartani memberitahukan tentang mangkatnya Ki Ageng Mataram, Sinuhun terkejut hatinya dan bersabda;

            “Kakak Jurumartani, sebagai ganti dari penghuni Mataram ialah Ngabehi Loring Pasar dan harap dimufakati dengan nama Pangeran Haryo Mataram Senopati Pupuh”. Ki Jurumartani menyanggupi lalu mohon ijin kembali, peristiwa ini terjadi pada tahun 1540. Lalu Pangeran Haryo Mataram diangkat pada tahun Dal 1551 bergelar Kanjeng Panembahan Senopati ing Ngalogo yang menguasai tanah Jawa. Kemudian menurunkan raja-raja Surakarta dan Yogyakarta, demikian pula para Bupati di pantai-pantai Jawa hingga sekarang.

            Kanjeng Panembahan Senopati memegang kekuasaan kerajaan 13 tahun lamanya. Sesudah gering kemudian mangkat, pada hari Jumat Pon bulan Suro tahun Wawu 1563. Dimakamkan di sebelah barat Masjid di bawah ayahandanya. Selanjutnya putranya yang menggantikan dengan gelar Kanjeng Susuhunan Prabu Hanyokrowati. Penobatannya dalam bulan yang bersamaan dengan wafatnya Kanjeng Panembahan Senopati.

            Pada suatu hari, Kanjeng Susuhunan pergi berburu rusa ke hutan. Dengan tiada terasa telah berpisah dengan para pengantar dan pengawalnya, kemudian beliau diserang punggungnya oleh rusa dan beliau jatuh ke tanah. Sinuhun diangkat ke istana dan ia perintahkan memanggil kakanda Panembahan Purboyo.

            Sinuhun bersabda, “Kakanda, andaikata kami sampai meninggal, oleh karena Gusti Hadipati sedang bepergian, putramu Martopuro harap ditetapkan sebagai wakil menguasai Negeri Mataram. Amanat tersebut disanggupi, Sinuhun terkenal dengan gelar Sinuhun Seda Krapyak. Beliau mangkat pada bulan Besar, tuhan Jimawal 1565 dan dimakamkan di sebelah bawah makan ayahandanya, Panembahan Senopati.

            Demikian sejarah singkat kerajaan Mataram, yang sampai saat ini terbukti masih berdiri kokoh. Lalu dari keturunan manakah raja-raja besar Mataram ? Berikut ini saya paparkan silsilah  leluhur kerajaan Mataram:

1.    Sinuhun Brawijaya V, raja kerajaan Majapahit terakhir berputera Raden Bondan Kejawan yang   bergelar Kyai Ageng Tarub ke III.

2.    Kyai Ageng Tarub III mempunyai putra yakni Kyai Ageng Getas Pandowo.

3.    Kyai Ageng Getas Pandowo berputera Ki Ageng  Selo.

4.    Kyai Ageng Selo berputera Ki Ageng Nis.

5.    Ki Ageng Nis berputera Ki Ageng Pemanahan (Ki Ageng Mataram).

6.    Ki Ageng Pemanahan berputera Kanjeng Panembahan Senopati ing Ngalogo.

7.    Kanjeng Panembahan Senopati ing Ngalogo berputera Sinuhun Prabu Hanyokrowati.

8.    Sinuhun Prabu Hanyokrowati berputera Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo Kalipatullah  Panetep Panatagama Senopati ing Prang

Bagi kebanyakan masyarakat Jawa khususnya Yogyakarta dan Solo, percaya dengan kisah mistik raja-raja Mataram yang berhubungan erat dengan Kanjeng Ratu Kidul. Kanjeng Ratu Kidul entitasnya bukan lah sejenis jin, siluman atau setan, tetapi merupakan wujud panitisan dari bidadari, yang turun ke dalam dimensi gaibnya bumi (bukan alam ruh/barzah), berperan menjaga keseimbangan alam semesta khususnya sepanjang pesisir selatan Jawa dan wilayah samodra selatan Nusantara. Menjaga kelestarian alam dengan mencegah atau menghukum manusia yang tidak menghormati alam semesta ciptaan Tuhan YME, atau manusia yang merusak keseimbangan alam dengan cara mengambil kekayaan alam secara serakah dan tamak. Kanjeng Ratu Kidul sebagaimana raja atau ratu gung binatara yang bijaksana dan sakti mandraguna, manembah tunduk kepada Gusti Ingkang Akaryo jagad. Namun demikian, Kanjeng Ratu Kidul tetap sebagai entitas mahluk halus, dalam arti tidak memiliki raga atau jasad dalam bentuk fisik.

/=====================/

KISAH BALOK MATARAM

            Kisah mistis di atas tidak terlepas dari sejarah pusaka balok kayu jati yang bernama Kyai Tunggulwulung. Saat ini diletakkan di sebelah timur makam Gusti Kanjeng Panembahan Senopati yang membujur ke utara, panjangnya 5 meter diameter 25 cm. Balok tersebut adalah bekas titihan (kendaraan/perahu) ketika Panembahan Senopati bertapa menghanyutkan diri di sungai Opak hingga sampai di kratonnya jagad halus, ialah Kanjeng Ratu Kidul. Kemudian mempunyai wilayah jajahan di jagad halus. Seperti ditulis dalam kitab Wedhatama karya KGPAA Mangkunegoro IV, dalam tembang Sinom, yang artinya sebagai berikut ;

1)    Sekalipun Kanjeng Ratu Kidul dapat menguasai samodra, apa pun kehendaknya terlaksanan. Akan tetapi masih kalah wibawa dengan Gusti Kanjeng Panembahan Senopati.

2)    Kanjeng Ratu Kidul sangat mengharapkan bisanya terjalin persahabatan antara kerajaan mahluk halus dengan kerajaan Senopaten. Selanjutnya memohon agar sekali tempo Gusti Kanjeng Panembahan Senopati sudi mengadakan pertemuan di dalam dunia mahluk halus. Sekalipun dengan susah payah Panembahan Senopati menyanggupi hingga sampai turun temurun.

Selanjutnya wawancara antara Gusti Panembahan Senopati (GPS) dengan Kanjeng Ratu Kidul (KRK), begini:

KRK    : “…Marilah Kangmas Priyagung agigit, bersama dengan kami, tinggalkan saja Sang Permaisuri serta abdi sentana putri. Anda di alam kami akan mendapatkan ganti yang lebih memuaskan hati. Pindahlah dari Mataram, hamba akan menerima dengan senang hati. Di dalam kerajaan kami Paduka akan penuh wibawa, kami sembah dan kami siap mengabdi sampai akhir zaman.

GPS     : “…Karena sudah demikian cinta Dinda dengan saya, saya pun tidak akan menyia-nyiakan, saya sambut uluran kasih persahabatan Dinda. Tetapi leluhur kami berpesan, bangsa manusia itu karena berasal dari bumi sebaiknya sampai akhir hayatnya juga dikubur di bumi. Tidak pantas dan merupakan pantangan kami merubah jenis menjadi mahluk halus. Oleh karena itu jangan khawatir saya ingkar janji, setiap hari selalu terbayang kecantikan wajah Adinda. Dalam waktu tertentu kita sekali tempo mengadakan pertemuan saja”.

            Demikian sekilas riwayat balok Mataram, yang sedikit banyak dapat menguak sejatinya hubungan gaib kerajaan Mataram secara turun temurun dengan kerajaan dunia halus di laut selatan. Bagaimana menempatkan secara tepat dan bijaksana antara manusia dengan mahluk halus yang juga ciptaan Gusti Allah Yang Maha Wisesa. Dapat sebagai contoh bagi generasi sekarang bagaimana cara memahami hubungan manusia dengan mahluk gaib. Seyogyanya manusia dapat bersikap bijaksana dan tidak sombong, menempatkan mereka yang gaib sebagaimana interaksi dengan manusia saling menghargai dan menghormati sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan. Karena masih sebagai mahluk Tuhan, mahluk halus tetap memiliki karakter seperti halnya manusia, ada yang baik ada yang jahat, ada yang manembah kepada Tuhan, tetapi ada pula yang membangkang. Keterangan dihimpun dari hasil wawancara Jurukunci Pasarean (makam) Agung Mataram di Kotagede dan di Imogiri Bantul dan sebagaimana dikisahkan para abdidalem di dua Pasarean Agung tersebut. Referensi; Mantri Jurukunci R.Ng. Martohastono. (http://sabdalangit.wordpress.com/2008/10/14/77/)

 

 

Soko Guru

 

 

KI Ageng Pemanahan / Ki Ageng Mataram

 

Panembahan Senopati

Sultan Agung



212 Komentar :

siti laili zarwati
20 Januari 2012 - 11:04:05 WIB

maaf , mohon di detailkan kembali .
terimakasih.
sasas
22 Februari 2012 - 19:51:58 WIB

goblok
zainun
01 Maret 2012 - 13:11:16 WIB

ra mutu kurang jelas
domenico
06 Maret 2012 - 12:02:55 WIB

enggak jelas woi banget
sulistiawati
14 Maret 2012 - 17:29:59 WIB

kurang jelas???
soehardjo
22 Maret 2012 - 16:36:02 WIB

kami hargai upaya yang disampaikan sangat baik dan jelas
fdfe
24 Maret 2012 - 16:33:52 WIB

ccd
htee
03 April 2012 - 18:40:05 WIB

gaje
Djumanji
09 April 2012 - 16:23:50 WIB

kurang lengkap & jelas
Boskom
11 April 2012 - 12:36:01 WIB

Kurang jelas. . .

Coba donk bkinya lbih detail lgi,..
siapa aja
11 April 2012 - 19:18:52 WIB

kurang jelas, kurang lengkap, dialognya banyakin lagi dong
ahh... sih begoo
11 April 2012 - 20:47:44 WIB

sumpah nih apa banget deh, bego banget yang bikin
HP
09 Juni 2012 - 12:50:25 WIB

sjarah'a bgs dn jls koq!! saya ska!!
sssssrrrrrrrrrrrnnnnrrrnnn
28 Agustus 2012 - 17:45:34 WIB

jlkkk banget sich eeeeee
luluk
28 Agustus 2012 - 17:48:32 WIB

jelek
antonius
23 September 2012 - 15:07:19 WIB

teralu panjang
andry
23 September 2012 - 20:34:35 WIB

hargai dong..kalian tinggal lihat aja pada komen jelek..emang kalian bisa buat yang bagus..
wahyudi
14 Oktober 2012 - 12:34:22 WIB

mbojo
gita sari
15 Oktober 2012 - 15:34:56 WIB

seharusnya semua dari raja pertama sampai terakhir ada
rusman............
15 Oktober 2012 - 15:55:51 WIB

panjang banget sich tulisan nya emang nya semua tulisan itu penting gk???????????????
nuya
23 November 2012 - 17:31:08 WIB

kerajaan mataram islam semestinya ada aspek bidang politik , aspek budang ekonomi aspek bidang budaya nya , itusih kurangnya tp ini jg bermanfaat kok:)
buldog
04 Desember 2012 - 15:10:57 WIB

penting atuh toLLooollll
habib
25 Januari 2013 - 20:45:03 WIB

Salam kenal yaaa. Tulisan yang menarik, kunjungi blogku juga ya pak.bu, mas dan mbak!. Tak ada yang lebih menyedihkan dan mengharukan dari kisah Mangir Pembayun, seperti juga ketika saya bersimpuh di makam Pembayun di Kebayunan Tapos Depok Jawa Barat, bersebelahan dengan makam anaknya Raden Bagus Wonoboyo dan makam Tumenggung Upashanta, kadang sebagai trah Mangir, aku merasa bahwa akhirnya mataram dan mangir bersatu mengusir penjajah Belanda di tahun 1628-29, cobalah cermati makam cucu Pembayun yang bernama Utari Sandi Jayaningsih, Penyanyi batavia yang akhirnya memenggal kepala Jaan Pieterz Soen Coen pada tanggal 20 September 1629, setelah sebelumnya membunuh Eva Ment istri JP Coen 4 hari sebelumnya, kepala JP Coen yang dipenggal oleh Utari inilah yang dimakamkan di tangga Imogiri, Spionase Mataram lagi lagi dijalankan oleh cucu Pembayun dan ki Ageng Mangir, informasi buka http://pahlawan-kali-sunter.blogspot.com/2013/01/ki-ageng- mangir-mempunyai-keturunan-di.html
Bejo
12 Maret 2013 - 12:06:57 WIB

Ini masalah bahasnya masih betul2 transletan 'pleg', kalo di susun lagi pasti jelas....yg di maksud hadiwijaya sulatn pajang joko tongkir kan...klo ga salah karena jasanya sutowijoyo yang berhasil mengalahkan musuh terkuat tingkir ya ni aryo panagsang yang memiliki keris sakti 'setan kober', dngan akal cerdiknya sutowijoyo berhasil menombak aryo panangsang dengan tombak kyai pleret. Atas jasanya dia diangkat anak oleh joko tingkir dan dihadiahi daerah kekuasaan, sebagai panembahan senopati. dan sutowijoyo inilah cikal bakal garis keturunan hamengkubuwono 1-10
Butik Baju
21 Juni 2013 - 10:23:59 WIB

Thanks buat beritanya.... tetep selalu informatif untuk selalu memberikan update berita buat para pembaca....
British Expats
12 Agustus 2013 - 20:26:24 WIB

Mari kita mulai kerja lagi,kan udah abis liburan kan. Tentunya mulai beraktivitas lagi dan harus lebih semangat. Hati baru, jiwa baru harapan baru.
cara melupakan mantan
20 Agustus 2013 - 14:55:41 WIB

Siang2 gak ada kerjaan, ya mendingan baca-baca berita/artikel di internet saja dan untunglah ketemu dg situs ini. Seneng banget dapat ilmu baru. Makasih yaaa
Tuckpointing Chicago
04 September 2013 - 22:39:57 WIB

Asli manteb betul situs ini. Pengunjungnya juga bejibun. Salam kenal aja mas bro...
zulfa
18 Oktober 2013 - 11:22:33 WIB

sudah lengkap ya?
Obat Kolesterol
13 Desember 2013 - 11:01:16 WIB

hidup harus ada pengorbanan,terus dan terus berjuang sampey titik ddarah peng habisan http://goo.gl/1Sa4r1 http://goo.gl/PFAu0c
obat tradisional kolesterol
18 Januari 2014 - 08:09:17 WIB

oke makasih infonya http://goo.gl/2tZAui
CCTV Bandung
07 Maret 2014 - 14:16:46 WIB

mohon terus update info-info terbaru melalui web ini :)
CCTV Bandung
08 Maret 2014 - 18:27:46 WIB

Terimakasih untuk informasi dan beritanya
CCTV Bandung
18 Maret 2014 - 11:49:54 WIB

Tema websitenya bagus dan enak di baca.. jadi betah banget baca berita dan info disini.. :)
CCTV Bandung Murah
18 Maret 2014 - 11:50:40 WIB

saya gak sengaja masuk page ini, ternyata isi nya lumayan bagus dan update. lanjutgan!
ISP di Bekasi
18 Maret 2014 - 11:51:29 WIB

ijin membaca di website ini, yang membantu saya mencari pengetahuan baru terimakasih
Obat Syaraf Otak
26 April 2014 - 09:34:02 WIB

Info yang sangat bagus ,terima kasih tas informasinya ..
Obat Syaraf Kejepit
07 Mei 2014 - 12:52:36 WIB

Informasinya sangat http://goo.gl/E8Ceul thanks..
Obat Jantung Koroner Tradisional
07 Mei 2014 - 13:14:56 WIB

artikelnya sangat menarik http://mysp.ac/IChd
Obat Tradisional Kanker Hati
07 Mei 2014 - 13:33:16 WIB

Nice Infonya, https://mysp.ac/I9I4 salam sehat !..
Obat Tumor Otak
07 Mei 2014 - 13:57:17 WIB

Infonya sangat bermanfaat bagi kami, http://goo.gl/vLq4Td
Obat Jantung Rematik
07 Mei 2014 - 14:06:22 WIB

waadaaawww ,,, http://goo.gl/f4tTQs infonya mantaaabb gan !
Obat Herbal Batu Empedu
07 Mei 2014 - 14:20:32 WIB

web yang sangat bermanfa'at https://mysp.ac/G453 , Thanks
Obat Diabetes Kering
07 Mei 2014 - 14:33:13 WIB

share Infonya sangat bagus, http://goo.gl/nlVlpU , terimakasih.
Obat Kanker Kelenjar Tiroid
07 Mei 2014 - 15:00:25 WIB

sore kak admin, http://goo.gl/ntIbGN , makasih banyak infonya ya
Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
07 Mei 2014 - 15:45:53 WIB

makasih banyak infonya http://goo.gl/L7HeOW
thanks...
obat herbal luka bakar
10 Mei 2014 - 08:31:59 WIB

obat herbal luka bakar http://goo.gl/0dJR0T
obat sakit gula diabetes
10 Mei 2014 - 08:51:00 WIB

obat sakit gula diabetes http://goo.gl/73k92N
pengobatan maag kronis
10 Mei 2014 - 09:03:48 WIB

pengobatan maag kronis http://goo.gl/5JKSrm
obat alami stroke ringan
10 Mei 2014 - 09:16:59 WIB

obat alami stroke ringan http://goo.gl/0Y8xo0
obat jantung bocor anak bayi
10 Mei 2014 - 09:30:18 WIB

obat jantung bocor anak bayi http://goo.gl/krkLZm
obat infeksi saluran kemih alami
10 Mei 2014 - 09:44:54 WIB

obat infeksi saluran kemih alami http://goo.gl/OC9i8
obat diabetes luka gangren
10 Mei 2014 - 10:03:10 WIB

obat diabetes luka gangren http://goo.gl/O8hS15
obat alami radang telinga
10 Mei 2014 - 10:28:42 WIB

obat alami radang telinga http://goo.gl/vKBEyn
obat penyakit uci uci
10 Mei 2014 - 11:06:42 WIB

obat penyakit uci uci http://goo.gl/R4KPb2
obat hepatitis C Alami
10 Mei 2014 - 11:20:47 WIB

obat hepatitis C Alami http://goo.gl/3SIsji
obat herpes tradisional
10 Mei 2014 - 11:40:09 WIB

obat herpes tradisional http://goo.gl/21ES7J
obat herbal penyakit epilepsi
10 Mei 2014 - 11:52:15 WIB

obat herbal penyakit epilepsi http://goo.gl/2x7GYW
obat penyakit anemia hemolitik
10 Mei 2014 - 12:06:29 WIB

obat penyakit anemia hemolitik http://goo.gl/A1XnPH
obat penyakit maag kronis
10 Mei 2014 - 13:30:10 WIB

obat penyakit maag kronis http://goo.gl/6FhPMr
obat herbal uci uci tanpa operasi
10 Mei 2014 - 13:42:37 WIB

obat herbal uci uci tanpa operasi http://goo.gl/2TDeJh
obat herbal hepatitis B manjur
10 Mei 2014 - 13:55:24 WIB

obat herbal hepatitis B manjur http://goo.gl/2vxQce
obat herbal luka bekas operasi caesar manjur
10 Mei 2014 - 14:09:03 WIB

obat herbal luka bekas operasi caesar manjur http://goo.gl/JItnpq
obat herbal endometriosis manjur
10 Mei 2014 - 14:23:39 WIB

obat herbal endometriosis manjur http://goo.gl/2UJR44
obat herbal tukak lambung ibu hamil
10 Mei 2014 - 14:44:03 WIB

obat herbal tukak lambung ibu hamil http://goo.gl/bXZyzn
obat herbal klep jantung bermasalah manjur
10 Mei 2014 - 15:00:45 WIB

obat herbal klep jantung bermasalah manjur http://goo.gl/Da8Ewy
Obat kanker lambung yang mujarab
29 Mei 2014 - 14:52:34 WIB

Obat kanker lambung yang mujarab http://goo.gl/RqXjly / http://bit.ly/1iVzbaF
obat herbal untuk penyakit batu ginjal
29 Mei 2014 - 14:56:52 WIB

obat herbal untuk penyakit batu ginjal http://goo.gl/RZfivD - http://bit.ly/1woQKFV
obat herbal penyakit kista
29 Mei 2014 - 14:59:24 WIB

obat herbal penyakit kista http://goo.gl/LqX9x - http://bit.ly/1egmbp2
bat gagal ginjal aman
29 Mei 2014 - 15:03:35 WIB

bat gagal ginjal aman http://goo.gl/6mJK10 - http://bit.ly/1fXF2dv
pengobatan penyakit tbc batuk darah
29 Mei 2014 - 15:07:43 WIB

pengobatan penyakit tbc batuk darah http://tinyurl.com/m8bgaeh
obat alami penurun trigliserida tinggi
29 Mei 2014 - 15:10:31 WIB

obat alami penurun trigliserida tinggi http://goo.gl/J81kKs - http://bit.ly/1drBIDi
obat kuat tahan lama pria dewasa
29 Mei 2014 - 15:13:35 WIB

obat kuat tahan lama pria dewasa http://goo.gl/lHuUgr - http://bit.ly/1lOdgQb
obat herbal penurun sgot sgpt tinggi
29 Mei 2014 - 15:18:11 WIB

obat herbal penurun sgot sgpt tinggi http://goo.gl/vycB9X
obat herbal penurun tekanan darah tinggi
29 Mei 2014 - 15:21:55 WIB

obat herbal penurun tekanan darah tinggi http://goo.gl/PV14fT - http://bit.ly/1finKZW
Obat penyakit gondok pada leher
29 Mei 2014 - 15:24:51 WIB

Obat penyakit gondok pada leher http://goo.gl/gk4LSf / http://bit.ly/1kzuym9
obat herbal alternatif penyakit ambeien
29 Mei 2014 - 15:28:38 WIB

obat herbal alternatif penyakit ambeien http://goo.gl/xrdZJi - http://bit.ly/1n6bID7
Obat penyembuhan keputihan yang efektif
29 Mei 2014 - 15:31:49 WIB

Obat penyembuhan keputihan yang efektif http://goo.gl/JKjjFO - http://bit.ly/1tcYfNF
Obat herbal untuk mengatasi dismenore
29 Mei 2014 - 15:34:53 WIB

Obat herbal untuk mengatasi dismenore http://goo.gl/gCR9V9 / http://bit.ly/1hIq7C2
Obat herbal untuk mengatasi dismenore
29 Mei 2014 - 15:35:03 WIB

Obat herbal untuk mengatasi dismenore http://goo.gl/gCR9V9 / http://bit.ly/1hIq7C2
Obat Herbal Infeksi Rahim
07 Juni 2014 - 13:14:09 WIB

Happy weekend semuaa .Terimakasih atas infonya gan ,semoga bermanfaat..

Kunjungi web kami
http://goo.gl/WEXPfP / http://goo.gl/yJfLtA / http://goo.gl/fx2e4v / http://goo.gl/99q0ED / http://goo.gl/pY8mq4 / http://goo.gl/5lLg62 / http://goo.gl/0OzLAU / http://goo.gl/GIBJDH / http://goo.gl/vuhkSc / http://goo.gl/WpuIGd / http://goo.gl/NcD3S0 / http://goo.gl/0vRfdB / http://goo.gl/rmUKEH / http://goo.gl/lWSqfw / http://goo.gl/66Fqzl / http://goo.gl/mcZzDE / http://goo.gl/vVyAeS / http://goo.gl/7QMmP8 / http://goo.gl/fh65Y3 / http://goo.gl/kTMl4O / http://goo.gl/gzf6Fq / http://goo.gl/JwW2Ps / http://goo.gl/oORXHI /
kata kata galau lucu
07 Juli 2014 - 19:29:19 WIB

mohon ijin baca beritanya gan..
http://cinta009.blogspot.com/

Obat Jantung Tradisional Herbal
06 September 2014 - 11:20:17 WIB

info yang sangat bermanfaat... mkasih sob..
Ace Maxs Indonesia
18 September 2014 - 10:00:10 WIB

makasih infonya sob....
pulau pramuka wisata paket
08 Oktober 2014 - 12:56:18 WIB

What's up mates, its enormous article regarding educationand fully defined, keep it up all the time.
http://wisata-pulau-pramuka.weebly.com/
jasa seo ingusan
08 Oktober 2014 - 22:37:16 WIB

Greate article. Keep writing such kind of info on your site.
Im really impressed by it.
Hey there, You have done a fantastic job. I will certainly digg it and in my opinion recommend
to my friends. I'm confident they will be benefited from this
site. read more at http://keanu.hol.es/
Pulau Pari
09 Oktober 2014 - 18:42:03 WIB

My brother suggested I might like this web site.
He was totally right. This post actually made my day.
You can not imagine simply how much time I had spent
for this information! Thanks! http://pulaupariharapantravel.hol.es/
jasa pengiriman cargo
10 Oktober 2014 - 16:14:46 WIB

My brother recommended I may like this blog. He was once totally right.
This post truly made my day. You can not consider just how a lot time I
had spent for this information! Thank you! http://jasapengirimanbarang-cargo.hol.es/
jasa seo terbaik di indonesia
14 Oktober 2014 - 22:09:31 WIB

Wonderful website you have here but I was wanting to know if you knew of any message boards
that cover the same topics discussed here? I'd really like to be a part of online community where I can get
feedback from other knowledgeable individuals that share the same interest.
If you have any recommendations, please let me know.

Appreciate it! http://id-jasapedia.com/jasa-seo/
Pulau Tidung
14 Oktober 2014 - 22:18:44 WIB

Greetings from Carolina! I'm bored to death at work so I decided to browse your
website on my iphone during lunch break. I love the info you provide here and can't wait to take a look when I
get home. I'm amazed at how fast your blog loaded on my cell phone ..
I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, great site!
http://pulautidung032.wordpress.com/
Jasa SEO Jakarta
15 Oktober 2014 - 01:27:29 WIB

It's an remarkable piece of writing in support of all the
internet users; they will get benefit from
it I am sure. http://belajarseo700.wordpress.com/
pulau nangka melaka
15 Oktober 2014 - 09:14:01 WIB

These are genuinely wonderful ideas in about blogging.
You have touched some pleasant things here. Any way keep up wrinting.
http://letsgoto.url.ph/pulauharapan26499
Pulau Tidung
16 Oktober 2014 - 23:34:33 WIB

Every weekend i used to visit this site, for the reason that i
wish for enjoyment, since this this site conations actually nice funny material too.
http://blogpulautidung.hol.es/
Jasa SEO
20 Oktober 2014 - 01:40:27 WIB

Your style is so unique compared to other folks
I've read stuff from. Thank you for posting when you've got the opportunity, Guess
I'll just bookmark this page. http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa Pembuatan
21 Oktober 2014 - 11:13:04 WIB

Amazing issues here. I am very happy to peer your article.
Thanks so much and I'm looking ahead to touch you.
Will you kindly drop me a e-mail? http://jasapembuatanwebsite.over-blog.com/
Jasa SEO Profesional
22 Oktober 2014 - 05:54:03 WIB

Have you ever considered creating an e-book or guest authoring on other
sites? I have a blog based on the same topics
you discuss and would really like to have you share
some stories/information. I know my audience would enjoy your work.
If you are even remotely interested, feel free to send me
an e mail. http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/
Jasa SEO
22 Oktober 2014 - 06:19:50 WIB

I all the time emailed this web site post page to all my contacts, as
if like to read it next my contacts will too.

http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa Pembuatan Web
22 Oktober 2014 - 21:48:08 WIB

Hi there to every body, it's my first pay a visit of this website;
this webpage carries awesome and genuinely good material in support of readers.
Pulau Tidung
23 Oktober 2014 - 04:28:56 WIB

I got this web site from my buddy who told me about
this web site and at the moment this time I am visiting this site and reading
very informative articles at this place. http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa SEO Murah
23 Oktober 2014 - 06:00:15 WIB

I'm gone to inform my little brother, that he should also go to see this blog on regular basis
to get updated from most up-to-date information. http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/
Roller Blind
23 Oktober 2014 - 12:03:41 WIB

Wonderful web site. A lot of helpful info here. I am sending it to some pals ans also sharing in delicious.
And naturally, thank you in your effort! http://indoblind.com/
Pulau Pari
24 Oktober 2014 - 00:06:41 WIB

I want to to thank you for this wonderful read!!
I absolutely enjoyed every bit of it. I've got you bookmarked to look
at new things you post… http://vemindza.blog.com/
Jasa Pembuatan Web
24 Oktober 2014 - 19:27:48 WIB

Since the admin of this web site is working, no hesitation very rapidly
it will be famous, due to its quality contents.
pulau harapan
26 Oktober 2014 - 13:14:31 WIB

I was wonderinjg іf you eѵеr thouցht of changing
the pag layout ߋf уоur blog? Its vеry well written; ӏ
love whɑt youve got to ѕay. Βut maуbe you coսld a
little moге in tɦе way of content so people ϲould connect
witҺ it better. Youve ǥot аn awful lot οf text foг only
having 1 or 2 pictures. Mɑybe you could space іt out bеtter?

http://pakettravelpulaupari.hol.es/
jasa seo
26 Oktober 2014 - 15:58:05 WIB

It's going to be finish of mine day, however before finish I am reading this
impressive article to increase my knowledge. http://riwoldb.blog.com
Jasa SEO Mahal
26 Oktober 2014 - 20:49:36 WIB

I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and
was curious what all is needed to get setup? I'm assuming having
a blog like yours would cost a pretty penny? I'm not very internet savvy so I'm not 100%
certain. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Kudos http://jasaseomurah6662.wordpress.com/
wisata pulau tidung
26 Oktober 2014 - 21:52:08 WIB

obviously like your website however you need to take a look at the spelling on quite a few of your posts.
A number of them are rife with spelling issues and I find it
very troublesome to tell the reality then again I'll surely come again again.
http://cunerdj.blog.com
jasa seo murah
26 Oktober 2014 - 22:31:20 WIB

My partner and I stumbled over here different page and thought I may as well check things out.
I like what I see so i am just following you.
Look forward to looking at your web page for a second time.
http://cunerdj.blog.com
Pulau Tidung
27 Oktober 2014 - 01:36:14 WIB

Yes! Finally something about travel. http://artikelpulautidung.hol.es/
paket pulau pari
27 Oktober 2014 - 07:18:51 WIB

Heya! I'm at work browsing your blog from my new iphone!
Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts!
Keep up the superb work! http://wibrimda.blog.com
Jasa SEO
27 Oktober 2014 - 17:13:33 WIB

Hi there! Would you mind if I share your blog with my facebook group?

There's a lot of folks that I think would really enjoy your content.
Please let me know. Many thanks http://jasaseoindonesia4789.wordpress.com/
traveling ke Pulau Pari
28 Oktober 2014 - 11:32:08 WIB

This is really interesting, You are a very skilled blogger.
I've joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post.
Also, I've shared your site in my social
networks! http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
Pulau Pari
28 Oktober 2014 - 12:05:25 WIB

Howdy! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.
Is it difficult to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out
pretty fast. I'm thinking about setting up my own but I'm not sure where to start.
Do you have any tips or suggestions? Thank you http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
rohun
28 Oktober 2014 - 14:01:20 WIB

Woah! I'm really digging the template/theme of this website.
It's simple, yet effective. A lot of times it's very difficult to get that
"perfect balance" between usability and visual
appeal. I must say you have done a excellent job with this.
Also, the blog loads extremely fast for me on Opera.
Excellent Blog! http://jasaseojakarta3281.wordpress.com
wisata Pulau Pari
29 Oktober 2014 - 02:13:35 WIB

Hmm it appears like your site ate my first
comment (it was super long) so I guess I'll just
sum it up what I wrote and say, I'm thoroughly enjoying
your blog. I too am an aspiring blog blogger but I'm still new to the whole thing.

Do you have any suggestions for newbie blog writers? I'd really appreciate it.
http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
Pulau Pari
29 Oktober 2014 - 23:57:51 WIB

Because the admin of this site is working, no
uncertainty very soon it will be famous, due to its quality contents.
http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
travel pulau pramuka
01 November 2014 - 00:08:58 WIB

Hi to all, the contents existing at this web page are
in fact amazing for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.

http://is.gd/bgkris
timbangan emas
01 November 2014 - 12:45:06 WIB

I'm really enjoying the design and layout of your blog.
It's a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you
hire out a designer to create your theme? Excellent work!
http://cort.as/JW05
timbangan digital
01 November 2014 - 15:10:00 WIB

For newest information you have to pay a visit world-wide-web and on world-wide-web
I found this web page as a most excellent web site for most recent updates.
http://is.gd/04ybg5
timbangan jarum digital
01 November 2014 - 16:26:52 WIB

Great delivery. Great arguments. Keep up the
good spirit. http://tinyurl.com/lnccapj
paket wisata pulau pari
02 November 2014 - 00:16:39 WIB

Hello there, You've done a great job. I'll certainly digg
it and personally suggest to my friends. I'm confident they'll
be benefited from this web site. http://travelpulaupari.tk/
seo jasa
02 November 2014 - 15:13:40 WIB

I really like it when people get together and share
ideas. Great site, continue the good work! http://cort.as/JWoi
puisi untuk jasa seorang ayah
03 November 2014 - 18:50:33 WIB

Thanks for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your further post thanks once again.
http://tinyurl.com/ldayv3b
roller blind
03 November 2014 - 20:23:22 WIB

Awesome blog! Is your theme custom made or did you
download it from somewhere? A design like yours with
a few simple tweeks would really make my blog shine.
Please let me know where you got your theme. Thanks
a lot http://is.gd/ynV5F3
kumpulan puisi jasa seorang guru
03 November 2014 - 20:52:26 WIB

Hello, this weekend is good in favor of me, because this occasion i am reading this wonderful informative post here at my home.
http://tinyurl.com/ozuqc2a
jasa seo jakarta barat
03 November 2014 - 21:01:43 WIB

I'm not sure exactly why but this web site is loading very slow for me.
Is anyone else having this issue or is it a problem on my
end? I'll check back later and see if the problem still exists.
http://tinyurl.com/l92bq3z
kumpulan puisi jasa seorang guru
03 November 2014 - 22:49:26 WIB

I was wondering if you ever thought of changing the structure of your
blog? Its very well written; I love what youve got to say.
But maybe you could a little more in the way of content so
people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for
only having one or two pictures. Maybe you could space it out better?

http://tinyurl.com/l6t9pdj
jasa seo murah berkualitas
04 November 2014 - 00:07:16 WIB

You are so awesome! I don't think I have read a single
thing like that before. So good to find another person with genuine
thoughts on this subject. Really.. many thanks for starting this up.
This web site is one thing that is needed on the internet, someone with
some originality! http://tinyurl.com/l97t53g
paket wisata pulau pari
04 November 2014 - 19:54:01 WIB

Spot on with this write-up, I actually feel this web site needs a
great deal more attention. I'll probably be back again to see more,
thanks for the information! http://pulaupari.murah.hol.es/
best dating sites
05 November 2014 - 03:08:54 WIB

Thanks for another informative blog. The place else could I get that kind of info
written in such a perfect way? I've a challenge that I'm simply
now running on, and I have been at the look out
for such info.
paket pulau pari 3 hari 2 malam
05 November 2014 - 12:02:31 WIB

My brother recommended I might like this blog. He was entirely
right. This post truly made my day. You cann't imagine
just how much time I had spent for this information! Thanks!
http://paketpulaupari2hari1malam.hol.es/
travel pulau tidung
06 November 2014 - 06:37:08 WIB

Hi there to all, how is all, I think every one is getting more
from this web page, and your views are fastidious in favor of new viewers.

http://cort.as/JrSN
jasa backlink
07 November 2014 - 19:09:28 WIB

Howdy! Quick question that's completely off topic.
Do you know how to make your site mobile friendly? My weblog
looks weird when browsing from my apple iphone. I'm trying
to find a theme or plugin that might be able to correct this problem.
If you have any suggestions, please share.
Thanks! http://tinyurl.com/m5pclra
jasa seo
07 November 2014 - 21:08:39 WIB

Wonderful goods from you, man. I have understand your stuff previous to
and you're just too excellent. I really like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way
in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise.
I cant wait to read much more from you. This is really a great website.

http://tinyurl.com/mukux6e
harga timbangan digital
08 November 2014 - 05:03:23 WIB

I feel that is among the most vital info for me. And i'm satisfied
studying your article. But want to remark on few basic
issues, The web site taste is ideal, the articles is in point of fact nice : D.
Just right task, cheers http://hargatimbangandigital.co.id/
jasa backlink seo
08 November 2014 - 16:10:04 WIB

Wonderful work! This is the kind of info that are meant to be shared across the web.
Shame on Google for no longer positioning this publish
upper! Come on over and talk over with my site . Thanks =) http://tinyurl.com/lc68u58
backlink seo
08 November 2014 - 16:25:28 WIB

I think this is among the such a lot significant info
for me. And i am happy reading your article.
However wanna remark on few common things, The site style is
perfect, the articles is actually nice : D.
Excellent task, cheers http://cort.as/K4O9
jasa backlink seo
08 November 2014 - 19:38:20 WIB

I would like to thank you for the efforts you have put in writing this blog.
I really hope to see the same high-grade blog posts from you later on as well.
In truth, your creative writing abilities has motivated me to
get my own site now ;) http://tinyurl.com/lptw4zp
timbangan
08 November 2014 - 23:15:10 WIB

I'll right away seize your rss feed as I can't to find your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service.
Do you've any? Please allow me realize in order that I may just subscribe.
Thanks. http://kenkoelectric.co.id/
Pulau Tidung
09 November 2014 - 08:27:10 WIB

Thanks for finally talking about >SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM <Liked it! http://artikelpulautidung.hol.es
Wisata Pulau Tidung
09 November 2014 - 08:28:51 WIB

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to far added agreeable from you! By the way,
how could we communicate? http://artikelpulautidung.hol.es
Pulau Pari Murah
09 November 2014 - 18:10:57 WIB

What's up, I wish for to subscribe for this weblog to take most
recent updates, thus where can i do it please help.
http://travelkepulaupari.hol.es/harga-paket-wisat a-ke-pulau-pari/
tour pulau tidung termurah
10 November 2014 - 13:59:57 WIB

It is perfect time to make some plans for the long run and it's time to be happy.
I have learn this publish and if I may just I desire to recommend you some
attention-grabbing things or tips. Perhaps you
can write subsequent articles relating to this article.
I desire to read even more things about it! http://cort.as/KP1G
travel pulau tidung murah
10 November 2014 - 17:23:57 WIB

all the time i used to read smaller articles which also clear their motive,
and that is also happening with this piece of writing which I am
reading here. http://letsgoto.url.ph/pulotidung
paket wisata tidung island dari bandung
10 November 2014 - 20:06:24 WIB

Good day very cool blog!! Man .. Excellent ..

Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds additionally?
I am satisfied to search out so many helpful info here in the publish,
we'd like work out extra techniques on this regard, thank you
for sharing. . . . . . http://letsgoto.url.ph/pakettidung
harga timbangan digital
11 November 2014 - 00:47:15 WIB

Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to mention that I've really loved surfing
around your blog posts. In any case I will be subscribing for your rss feed and I'm hoping
you write once more soon! http://letsgoto.url.ph/harga
Wisata pulau tidung
12 November 2014 - 05:53:15 WIB

Thanks in support of sharing such a good thinking,
article is pleasant, thats why i have read it fully http://epfacebook.eu/liburan_pulau_tidung_188851
paket pulau tidung
12 November 2014 - 07:56:55 WIB

Simply want to say your article is as surprising. The clarity in your post is simply spectacular and i could assume you are an expert
on this subject. Well with your permission let me
to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post.
Thanks a million and please carry on the enjoyable work.
http://url.ednforum.com/backpacker_pulau_tidung_1 674494
berita
12 November 2014 - 13:19:57 WIB

Thanks a bunch for sharing this with all folks you really realize what
you are speaking about! Bookmarked. Kindly additionally discuss with my website =).
We may have a link change contract among us http://backpackerpulautidung.hol.es/
harga timbangan digital
12 November 2014 - 21:58:56 WIB

Hi colleagues, fastidious post and nice arguments commented here, I am in fact enjoying by these.

http://is.gd/otxF7S
timbangan digital
13 November 2014 - 10:30:30 WIB

Usually I don't read article on blogs, however I would
like to say that this write-up very compelled me to take a look at and do it!
Your writing taste has been amazed me. Thank you, quite great post.
http://kenkoindonesia-scale.com/
pulau seribu murah
13 November 2014 - 17:48:53 WIB

I read this piece of writing fully regarding the difference of newest and preceding technologies, it's remarkable
article. http://infoblogpulauseribu.hol.es/
paket pulau pari murah
13 November 2014 - 18:45:36 WIB

fantastic issues altogether, you simply received a new reader.
What would you suggest about your post that you just made a few days in the past?
Any positive? http://cort.as/K6aS
pulau pramuka
14 November 2014 - 09:16:38 WIB

Thanks for finally talking about >SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM <Liked it! http://infoblogpulauseribu.hol.es/
pulau tidung
14 November 2014 - 12:25:56 WIB

Hi there to every , as I am truly keen of reading this weblog's
post to be updated daily. It includes fastidious information.
http://infoblogpulauseribu.hol.es/
harga timbangan digital
16 November 2014 - 00:33:50 WIB

Heya i am for the first time here. I came across this board and I find It really useful
& it helped me out much. I hope to give something back and
aid others like you helped me. http://shrtnr.me/hargatimbangan527826
wisata pulau pari murah
16 November 2014 - 01:45:24 WIB

With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement?
My website has a lot of unique content I've either created myself or outsourced but it appears a
lot of it is popping it up all over the internet without my authorization. Do you know any techniques to
help prevent content from being stolen? I'd truly appreciate it.
https://www.facebook.com/sakuratravel.asia
pulau pramuka murah
16 November 2014 - 19:42:46 WIB

You should be a part of a contest for one of the finest sites on the net.
I'm going to highly recommend this web site! http://odkaz.tk/murah153894
www.Youtube.com
17 November 2014 - 00:18:09 WIB

You actually make it appear so easy together with your presentation however I find this topic to be actually one thing which I believe I might by no means
understand. It seems too complex and very large for me.
I'm having a look ahead in your subsequent submit, I'll attempt to get the dangle of it!
Pulau Pari Murah
17 November 2014 - 16:34:43 WIB

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to far added agreeable from you! However, how
could we communicate? http://deli.bz/bxXq
mujeres solteras
18 November 2014 - 01:48:32 WIB

Hi I am so happy I found your site, I really found you by mistake, while I was
researching on Aol for something else, Anyways I am here
now and would just like to say thanks for a remarkable post
and a all round entertaining blog (I also love the
theme/design), I don’t have time to read it
all at the moment but I have saved it and also added in your RSS feeds,
so when I have time I will be back to read a great deal more,
Please do keep up the great jo.
Paket Travel Pulau Pari Murah
18 November 2014 - 04:16:31 WIB

I could not resist commenting. Perfectly written! http://cutrl.com/386723
pulau pari
19 November 2014 - 12:18:51 WIB

Valuable info. Lucky me I discovered your web site by chance, and I am stunned why
this twist of fate didn't happened earlier! I bookmarked
it. http://arseh.at/pari222690
pulau pari murah
19 November 2014 - 13:17:35 WIB

Pretty great post. I simply stumbled upon your
blog and wished to mention that I've really loved surfing around your weblog posts.
After all I will be subscribing in your feed and I am hoping you write again very
soon! http://odize.us/pari526090
tour pulau pari murah
19 November 2014 - 17:58:17 WIB

No matter if some one searches for his vital thing, thus he/she needs to be available that in detail,
thus that thing is maintained over here. http://itkt.co/pari764837
jembatan cinta pulau tidung runtuh
20 November 2014 - 04:16:25 WIB

Hey I know this is off topic but I was wondering if you
knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was
hoping maybe you would have some experience with something like this.
Please let me know if you run into anything. I truly
enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.
http://shdh.biz/o9ok
paket wisata pulau pari murah
22 November 2014 - 05:02:40 WIB

Hi there outstanding website! Does running a blog such as this take a great deal
of work? I have no understanding of coding however I had been hoping to start my own blog in the
near future. Anyhow, if you have any suggestions or techniques for new
blog owners please share. I understand this is off subject nevertheless I just needed to ask.
Many thanks! http://is.gd/05JXMe
paket pulau Tidung murah
22 November 2014 - 05:38:24 WIB

Hello, Neat post. There's an issue together with your
site in web explorer, would test this? IE still is the market
leader and a huge element of people will omit your great writing
due to this problem. http://cort.as/K6aa
pulau pari murah
22 November 2014 - 12:47:43 WIB

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as
though you relied on the video to make your point.
You obviously know what youre talking about, why
waste your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?
http://tinyurl.com/mlwml6u
jual Roller Blind sharp point
23 November 2014 - 01:25:22 WIB

What's up to every one, the contents existing at this
website are really awesome for people experience, well, keep up the good work fellows.
http://3dvf.me/qqipe
jasa google seo
23 November 2014 - 10:12:40 WIB

Hey there! Do you use Twitter? I'd like to follow you
if that would be okay. I'm definitely enjoying your blog and look forward to new posts.
http://urlr.be/short/37pe
dress bali murah
24 November 2014 - 06:04:49 WIB

I am truly glad to read this web site posts which consists of tons of valuable information, thanks for providing such data.
http://ecx.cx/murah460262
paid survey etc nasil üye olunur
26 November 2014 - 07:18:35 WIB

My programmer is trying to persuade me to move to .net from
PHP. I have always disliked the idea because of the
expenses. But he's tryiong none the less. I've been using Movable-type on numerous websites for about a year and am anxious about switching to another
platform. I have heard excellent things about blogengine.net.
Is there a way I can import all my wordpress content into it?
Any kind of help would be greatly appreciated!
tutorial membikin backlink otomatis
26 November 2014 - 10:01:18 WIB

Outstanding post however , I was wanting to know if you could write a
litte more on this topic? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more.
Many thanks! http://schad.es/4rvv
jasa copywriter terbaik
26 November 2014 - 14:19:01 WIB

You have made some decent points there. I checked on the internet to find out more about
the issue and found most individuals will go along with your
views on this site. http://odkaz.tk/415h
laila shofianingsih
27 November 2014 - 19:15:27 WIB

makasih buat infonya semoga blog tadi,membantu aku...
pulau tidung
29 November 2014 - 00:26:56 WIB

Hi, I log on to your new stuff like every week.
Your story-telling style is awesome, keep it up! http://backpackerpulautidung.hol.es/jembatan-cinta-pulau-t idung/
pulau tidung hotel
30 November 2014 - 23:15:45 WIB

I don't know whether it's just me or if perhaps everybody else encountering problems
with your blog. It appears as if some of
the written text within your posts are running off the screen. Can someone
else please comment and let me know if this is happening to them too?

This could be a problem with my internet browser because I've had this happen previously.

Many thanks http://20.vc/FGHxx
Biro Travel ke Pulau Tidung
01 Desember 2014 - 01:57:01 WIB

Definitely believe that that you said. Your favorite
reason appeared to be on the internet the easiest factor to bear in mind of.
I say to you, I definitely get irked even as folks think about issues
that they just do not recognize about. You managed to hit the nail upon the top as
smartly as outlined out the whole thing with no need side-effects , folks
could take a signal. Will probably be again to get more.
Thanks http://berwisatakepulautidung.hol.es/jembatan-cinta-pulau- tidung/
Pulau Tidung
01 Desember 2014 - 04:02:41 WIB

Greetings from Colorado! I'm bored at work
so I decided to browse your site on my iphone during lunch break.
I love the knowledge you provide here and can't wait to take a look when I get
home. I'm amazed at how fast your blog loaded on my cell phone ..
I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyhow,
amazing site! http://ppfr.it/7pvn
Paket Pulau Tidung
01 Desember 2014 - 04:53:03 WIB

Hi there colleagues, its fantastic piece of writing regarding tutoringand
fully explained, keep it up all the time. http://ena.vu/2xmx
paket liburan ke pulau tidung
02 Desember 2014 - 07:34:11 WIB

Wow, incredible weblog structure! How lengthy have you ever been blogging for?
you made blogging look easy. The full look of your web site is excellent, let alone the content!

http://cort.as/KTk_
ig
06 Desember 2014 - 06:50:29 WIB

hello there and thank you for your information – I've definitely
picked up anything new from right here. I did
however expertise some technical issues using this web site, as I experienced to reload the site lots of times previous to I could get it to load correctly.
I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your
placement in google and can damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.
Anyway I am adding this RSS to my email and can look out for
much more of your respective fascinating content. Ensure that
you update this again very soon.
pulau tidung
07 Desember 2014 - 08:36:19 WIB

My partner and I stumbled over here different page and thought I may as well check things out.

I like what I see so i am just following you. Look forward to finding
out about your web page for a second time. http://backpackerpulautidung.hol.es/
jasa seorang travel pulau pari
08 Desember 2014 - 16:02:38 WIB

Hi there! I know this is kinda off topic but
I'd figured I'd ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest
writing a blog post or vice-versa? My site addresses a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other.

If you might be interested feel free to send me an e-mail.
I look forward to hearing from you! Fantastic blog by the way!
http://snurl.com/29i5rzq
trip pulau pari murah
08 Desember 2014 - 19:42:43 WIB

Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that
it's really informative. I'm gonna watch out for brussels.

I'll be grateful if you continue this in future.
A lot of people will be benefited from your writing.
Cheers! http://iin.co/YYTHM
pulau pari murah
08 Desember 2014 - 23:01:23 WIB

Wow that was strange. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn't appear.
Grrrr... well I'm not writing all that over again. Anyways, just wanted to say fantastic blog!
http://iin.co/WEOWg
pulau pari murah
09 Desember 2014 - 01:16:40 WIB

Hi, just wanted to mention, I liked this post.

It was funny. Keep on posting! http://ir.gl/917f2
Blog Pulau Harapan
10 Desember 2014 - 05:33:14 WIB

What's up to all, it's in fact a nice for me to pay
a visit this site, it contains useful Information. http://blogpulauharapan.hol.es/berita/kenangan-saat-tour-w isata-ke-pulau-harapan/
Kenangan Saat Tour Wisata Ke Pulau Harapan
10 Desember 2014 - 05:48:25 WIB

Have you ever thought about adding a little bit more than just
your articles? I mean, what you say is fundamental and everything.
However think of if you added some great pictures or video clips to give
your posts more, "pop"! Your content is excellent but with pics and
video clips, this website could definitely be one of the most beneficial
in its niche. Good blog! http://blogpulauharapan.hol.es/tag/pulau-harapan/
travel pulau pari murah
11 Desember 2014 - 07:31:33 WIB

I'm curious to find out what blog platform you are working
with? I'm having some small security problems with
my latest website and I would like to find something more
safeguarded. Do you have any solutions? http://dl4.pl/axsa
pulau pari murah
11 Desember 2014 - 16:31:08 WIB

Hi, of course this post is actually good and I have learned lot of things from it on the topic of blogging.
thanks. http://fewhizfu.blog.com/2014/12/09/wisata-pulau-pari-mura h/
cialis 5 mg
12 Desember 2014 - 21:53:44 WIB

I know this if off topic but I'm looking into
starting my own blog and was wondering what all
is required to get setup? I'm assuming having a blog like yours would cost
a pretty penny? I'm not very internet savvy so I'm not 100% sure.
Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Thank you
Pulau Pramuka Murah
13 Desember 2014 - 23:10:43 WIB

Hi there mates, how is the whole thing, and what you want to say about this piece of writing, in my view its in fact awesome designed
for me. http://cort.as/KJIH,http://cort.as/KJII,http://cort.as/KJI J,http://cort.as/KJIK,http://cort.as/KJIL,http://cort.as/ KJIM,http://cort.as/KJIN,http://cort.as/KJIO,http://cort. as/KJIP,http://cort.as/KJJD,http://is.gd/43JVwh,http://is .gd/AChBKi,http://is.gd/AZIGaS,http://is.gd/dpcE8e,http:/ /is.gd/eOGnqF,http://is.gd/gEVXJ9,http://is.gd/k4Vq1y,htt p://is.gd/kexUAN,http://is.gd/mbWTGr,http://is.gd/MFx0BD, http://is.gd/OopP2w,http://is.gd/OrTS3f,http://is.gd/oYlX IS,http://is.gd/sbFDIY,http://is.gd/sK6Nvt,http://is.gd/s MUtDS,http://is.gd/u3QxMa,http://is.gd/uiWb0Q
buy cialis canadian pharmacy
14 Desember 2014 - 07:47:32 WIB

Nice blog right here! Additionally your web site so much up very fast!
What web host are you the usage of? Can I get your affiliate link to your host?
I desire my site loaded up as fast as yours lol
Viagra and cialis canada
15 Desember 2014 - 18:31:21 WIB

fantastic publish, very informative. I wonder why the opposite specialists of this
sector do not realize this. You should proceed your writing.
I'm confident, you've a huge readers' base already!
jual ps2
15 Desember 2014 - 20:32:51 WIB

These are actually fantastic ideas in concerning blogging.
You have touched some fastidious points here. Any way keep up
wrinting. http://regoaldi.blog.com/2014/12/14/harga-ps2/
roller blind
16 Desember 2014 - 11:35:10 WIB

Wow, superb blog layout! How long have you been blogging
for? you make blogging look easy. The overall look of your site is excellent, let alone the content!
http://cort.as/Jb4R
pulau pari
17 Desember 2014 - 05:45:29 WIB

It's not my first time to pay a visit this site, i am
visiting this web page dailly and get fastidious data from here every day.
http://clu3.blog.com/2014/12/16/pulau-pari/
canadian pharmacy viagra
17 Desember 2014 - 09:57:51 WIB

Hey there! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?

My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard
work due to no data backup. Do you have
any solutions to prevent hackers?
buy cialis from canada
17 Desember 2014 - 18:56:27 WIB

Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
A design like yours with a few simple tweeks would really
make my blog jump out. Please let me know where you got your
theme. With thanks
cara membuat backlink
17 Desember 2014 - 20:34:26 WIB

Attractive section of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to claim that I acquire in fact enjoyed account your weblog posts.

Anyway I'll be subscribing on your augment and even I fulfillment you get admission to constantly fast.
http://jasa-seo-murah.hol.es/?p=14
bisnis online sepi
18 Desember 2014 - 12:44:49 WIB

Hi there mates, its impressive piece of writing about tutoringand completely explained,
keep it up all the time. http://jasa-seo-murah.hol.es/?p=14
Pulau Tidung Paket
18 Desember 2014 - 22:00:10 WIB

Tentang Pulau Tidung indah. http://samusamupulautidung.wordpress.com/
jasa seo
19 Desember 2014 - 03:54:10 WIB

Remarkable things here. I'm very glad to peer your article.
Thanks so much and I'm having a look forward to touch you.
Will you kindly drop me a e-mail? http://jasa-seo-murah.hol.es/?p=1154
harga ps2 second
19 Desember 2014 - 14:59:36 WIB

Hi there, its good piece of writing regarding media print, we all
understand media is a fantastic source of information. http://hargaps2.hol.es/
Purchase canadian cialis
19 Desember 2014 - 16:43:00 WIB

Heya are using Wordpress for your site platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started
and set up my own. Do you require any html coding knowledge to make your own blog?
Any help would be greatly appreciated!
canadian pharcharmy online
19 Desember 2014 - 18:34:11 WIB

I used to be able to find good advice from your articles.
Jasa SEO
19 Desember 2014 - 21:54:12 WIB

I am in fact thankful to the holder of this web site who has shared this fantastic article at
at this place. http://jasa-seo-murah.hol.es/?p=1192
Pulau Tidung
20 Desember 2014 - 00:36:07 WIB

Harga Paket Wisata untuk keluarga. http://tidungdong2007.wordpress.com/2014/11/04/paket-pulau -tidung/
https://michigamme.dev.intelmarx.com/fundraiser/
20 Desember 2014 - 17:34:02 WIB

These are really wonderful ideas in regarding blogging. You have touched some good factors here.
Any way keep up wrinting.
buy viagra
21 Desember 2014 - 02:40:00 WIB

It's a pity you don't have a donate button! I'd certainly donate to this excellent blog!
I suppose for now i'll settle for book-marking and adding your RSS feed
to my Google account. I look forward to fresh updates and will talk about this blog with my Facebook group.
Chat soon!

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

 


Langganan RSS





/ /



994719

Pengunjung hari ini : 1581
Total pengunjung : 364944

Hits hari ini : 5154
Total Hits : 994719

Pengunjung Online: 8





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera
KHUTBAH

Lihat Hasil Poling