Beranda » Dunia Islam » SEJARAH DEMAK

Senin, 31 Oktober 2011 - 14:25:05 WIB
SEJARAH DEMAK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Dunia Islam - Dibaca: 7863 kali

SEJARAH BERDIRINYA KERAJAAN DEMAK

Sekitar akhir abad ke-15 kerajaan Majapahit mulai mengalami masa-masa keruntuhannya, beberapa daerah melepaskan diri dari Majapahit, termasuk yang dilakukan salah satu adipatinya yang bernama raden Patah. Dia adalah adipati Demak keturunan Raja Brawijaya V (Bhre Kertabumi) raja Majapahit yang melakukan perlawanan terhadap kerajaan Majapahit dan kemudian dengan dibantu beberapa daerah-daerah lainnya di Jawa Timur yang sudah Islam, seperti Jepara, Tuban, dan Gresik mendirikan kerajaan Islam Demak.

Menurut cerita Raden Patah bahkan sampai berhasil merobohkan majapahit dan kemudian memindahkan semua alat upacara kerajaan dan pusaka Majapahit ke Demak, sebagai lambang dari tetap berlangsungnya kerajaan kesatuan Majapahit itu tetapi dalam bentuk baru di Demak[1].

Banyak versi tentang tahun berdirinya kerajaan Demak, menurut Prof. Dr. Slamet Muljana dalam bukunya Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara Negara Islam di Nusantara. Disebutkan bahwa kerajaan Demak berdiri pada tahun 1478 setahun sebelum berdirinya masjid Agung Demak namun kebanyakan sejarawan berpendapat bahwa kerajaan Demak berdiri pada tahun 1500, para sejarawan ini beranggapan bahwa ada rentang waktu 21 tahun semenjak didirikannya Masjid Demak untuk membangun fondasi kemasyarakatan dan menyusun kekuatan di Demak dan dalam makalah ini kami mengambil pendapat yang kedua.

Berdirinya kerajaan Demak merupakan klimaks dari perjuangan Wali Songo dalam menyebarkan Islam, didalam Babad Demak diceritakan bahwa sebelum kerajaan Demak berdiri di daerah Glagahwangipada, tepatnya pada tahun 1479 Masehi telah didirikan Masjid Agung Demak, yang proses pembangunannya melibatkan Walisongo, Masjid ini kemudian berperan sebagai jantung penyebaran islam dan penanaman akidah Islam bagi masyarakat Demak, sekaligus sebagai fondasi awal bagi berdirinya kerajaan Demak.

Demak sebelumnya merupakan daerah yang dikenal dengan nama Bintoro atau Gelagahwangi yang merupakan daerah kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit. Setelah Majapahit hancur maka Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pulau Jawa dengan rajanya yaitu Raden Patah. Kerajaan Demak secara geografis terletak di Jawa Tengah dengan pusat pemerintahannya di daerah Bintoro di muara sungai, yang dikelilingi oleh daerah rawa yang luas di perairan Laut Muria. (sekarang Laut Muria sudah merupakan dataran rendah yang dialiri sungai Lusi).

Menurut Mohammad Ali (1963), dalam bukunya “Peranan Bangsa Indonesia dalam Sejarah Asia Tenggara”, menarik untuk dilihat. Dalam menguraikan terjadinya Kerajaan Demak, Moh. Ali menulis bahwa pada suatu peristiwa Raden Patah diperintahkan oleh gurunya, Sunan Ampel dari Surabaya, agar merantau ke barat dan bermukim di sebuah tempat yang terlindung oleh tanaman gelagah wangi. Tanaman gelagah yang rimbun tentu hanya subur di daerah rawa-rawa. Dalam perantauannya itu, Raden Patah sampailah ke daerah rawa di tepi selatan Pulau Muryo (Muria), yaitu suatu kawasan rawa-rawa besar yang menutup laut atau lebih tepat sebuah selat yang memisahkan Pulau Muryo dengan daratan Jawa Tengah. Di situlah ditemukan gelagah wangi dan rawa; kemudian tempat tersebut dinamai Raden Patah sebagai “Demak”.

II.1 Raja-Raja Demak

Kerajaan Demak merupakan kerajaan yang menjadi Basis kekuatan Utama dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa dan sekitarnya baik dari segi Militer maupun pendidikan, kebesaran Demak tak bisa dilepaskan dari kepemimpinan Raja-Rajanya, begitu pula kehancurannya yang diakibatkan perebutan kekuasaan para penerus kekuasaan, selama berdirinya kerajaan Demak dipimpin oleh empat Raja sebelum dipindahkan oleh Jaka Tingkir ke Pajang. Raja-raja tersebut adalah:

ü                      Raden Patah (1500-1518)

Raden Patah merupakan Anak raja Majapahit Brawijaya V dari seorang perempuan campa, dikenal juga dengan nama Jin  Bun. Saat sebelum memberontak kepada Majapahit, Jin Bun atau Raden Patah adalah Bupati yang ditempatkan di Demak atau Bintoro. Beliau adalah pendirii kerajaan Demak dan murid Sunan Ampel yang menjadi raja pertama dengan bergelar Sultan Syah Ngalam Akbar Al-Fattah. Raden Patah memiliki tiga orang putra, yaitu Pati Unus, Pangeran Trenggono, dan Pangeran Sekar Ing Seda Lepen, serta bermenantukan Fatahillah. Raden Patah meninggal tahun 1518, dan digantikan oleh anaknya Pati Unus.

ü                      Pati Unus/Pangeran Sabrang Lor (1518-1521)

Beliau merupakan Anak dari raden patah dan kakak dari Sultan Trenggono. Berkuasa selama 3 tahun dari tahun 1518-1521. Pada tahun 1518 dibawah komandonya kerajaan Demak menyerang Malaka yang dikuasai Portugis sehingga beliau dijuluki Pangeran Sabrang Lor, walaupun serangan tersebut gagal namun eksistensi kerajaan Demak mulai diperhitungkan. Upaya menghalau Portugis terus dilakukan dibawah komando beliau yaitu dengan melakukan blokade pengiriman beras ke Malaka sehingga Portugis kekurangan makanan. Setelah serangkaian percobaan dalam menghalau tentara Portugis akhirnya pada tahun 1521 Pangeran Sabrang Lor meninggal dunia tanpa keturunan.

ü                      Sultan Trenggono (1521-1546)

Beliau adalah putra dari Raden Patah dan adik dari Adipati Unus. Naik tahta setelah bersama anaknya, Sunan Prawoto menyingkirkan Raden Kikin (pangeran Sekar Ing Sedo Lepen) saudara tirinya. Bersama menantunya, Fatahillah mengirimkan pasukan untuk menaklukan Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527 dan berhasil meghalau Portugis dari Sunda Kelapa. Beliau menyerang Blambangan pada tahun 1546 dan beliau meninggal di Pasuruan sebelum berhasil menakhlukan Blambangan. Pada masa kepemimpinannya dianggap sebagai masa keemasan kerajaan Demak karena memiliki daerah yang luas mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur dan meluaskan pengaruh sampai Kalimantan dan Sumatera.

ü                      Raden Mukmin / Sunan Prawoto (1546-1549)

Raden Mukmin adalah putra sulung Sultan Trenggono dan turut membantu ayahnya naik tahta menyingkirkan pangeran Sekar Ing Seda Lepen. Beliau naik tahta setelah menyingkirkan Raden Kikin, beliau Memimpin antara tahun 1546-1549 dan memindahkan ibu kota dari Bintoro ke bukit Prawoto sehingga ia dijuluki Sunan Prawoto. Raden Mukmin sangat berambisi untuk melanjutkan usaha ayahnya menaklukkan pulau Jawa namun beliau kurang ahli dalam berpolitik dan lebih suka hidup sebagai ulama suci dari pada sebagai raja. Menurut Kitab Babad Tanah Jawi ia dibunuh oleh Rangkud anak buah Arya Penangsang. Sunan Prawoto tewas meninggalkan seorang putra yang masih kecil bernama Arya Pangiri, yang kemudian diasuh bibinya, yaitu Ratu Kalinyamat dari Jepara. Setelah dewasa, Arya Pangiri menjadi menantu Sultan Hadiwijaya Raja Pajang, dan diangkat sebagai Bupati Demak.

 


[1] Lihat, Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia Jilid III: 1959,hal.49.

 



118 Komentar :

agnes teresha
27 Mei 2012 - 18:49:25 WIB

wahh pelajaran yg saya cari serba ada di sini
konsumen cerdas yang paham perlindungan konsumen
31 Maret 2013 - 10:45:13 WIB

internet memang tempat yang bagus untuk berbagi. makasih infonya pak admin.

Cheese Fondue
01 Mei 2013 - 01:45:05 WIB

kecintaan terhadap dunia blogging-lah yang menggerakkan para blogger untuk melakukan hal2 yang menurut orang lain boleh jadi tidak masuk akal: menulis tanpa dibayar, membagi ilmu dan tips berharga secara gratis, membalas komentar dan menjawab pertanyaan pembaca blog tanpa pamrih
How To Train A Dog
04 Mei 2013 - 22:32:04 WIB

lewat kolom komentar ini ane ucapin banyak terima kasih pada admin,informasi dari website ini memberikan banyak informasi baru bagi saya ..
Hong Kong Hotels
09 Mei 2013 - 22:14:26 WIB

ga' ada rahasia untuk kata berhasil. berhasil itu mampu berlangsung gara-gara persiapan, kerja keras serta akan studi dari kegagalan. berhenti bercita cita merupakan tragedi terbesar di dalam hidup manusia..terus semangat kawan..! salam sukses selalu
Jobs For Models
18 Mei 2013 - 10:07:16 WIB

selamat siang,apa kabar semua sobat website yg keren ini..? udah beberapa hari gak hadir jadi kangen dengan sobat sekalian dan semua artikel di site ini..untuk pak admin salam sukses terus semangat and ditunggu info terbarunya..
Senior Care New Jersey
12 Juni 2013 - 16:45:08 WIB

Seperti biasa, selalu menarik postingannya

thai naati translator
17 Juli 2013 - 15:59:05 WIB

Thanks infonya, menarik sekali
Naati
06 September 2013 - 21:40:38 WIB

makasih informasinya
reza
17 September 2013 - 13:27:04 WIB

itu adalah sejarah bagi indonesia
Keystone Real Estate
19 September 2013 - 10:51:49 WIB

Untuk menjadi yang terbaik jangan takut kalah dan salah.terus bisa berbagi yang terbaik untuk semua adalah suatu kebahagiaan tersendiri..
Obat Sakit Lambung Alami
09 November 2013 - 11:09:37 WIB

Tetap memberi informasi yang bermanfaat,Sangat diharapkan bisa memberi pencerahan dan menambah pengetahuan bagi pembacanya.Semoga makin dicintai semua orang.
Obat Liver
02 Desember 2013 - 13:32:15 WIB

semoga anda berbahagia dan sesalu didepan
obat sakit maag
10 Desember 2013 - 15:45:40 WIB

keren http://goo.gl/PL4bG1
keren http://goo.gl/PL4bG1
obat sinusitis
11 Desember 2013 - 09:31:02 WIB

makasih infonya gan http://goo.gl/HKJL01 http://goo.gl/HKJL01
obat alergi kulit
11 Desember 2013 - 13:29:41 WIB

siang http://goo.gl/XwR4WP makasih infonya gan http://goo.gl/XwR4WP
obat sakit maag
11 Desember 2013 - 16:03:22 WIB

sore makasih infonya ,,, http://goo.gl/qAh9s3
http://goo.gl/qAh9s3
cara pemesanan jelly gamat gold g
12 Desember 2013 - 08:12:17 WIB

makasih infonya gan http://goo.gl/wl8udR sangat bermanfaat http://goo.gl/wl8udR
obat keloid
12 Desember 2013 - 11:45:42 WIB

siang ,,, http://goo.gl/btzAwU thank's gan http://goo.gl/btzAwU
obat lupus
12 Desember 2013 - 14:33:19 WIB

sore gan ,,, http://goo.gl/k5x5VP terimakasih banyak infonya ,,, http://goo.gl/k5x5VP
obat kanker lambung
13 Desember 2013 - 10:39:41 WIB

semoga berhasil dengan hasil yang memuaskan ... http://goo.gl/QQDSlM amin terimakasih infonya ,,, http://goo.gl/QQDSlM
Obat Kolesterol
13 Desember 2013 - 10:58:28 WIB

hidup harus ada pengorbanan,terus dan terus berjuang sampey titik ddarah peng habisan http://goo.gl/1Sa4r1 http://goo.gl/PFAu0c
Cara Pemesanan Jelly Gamat Gold G
13 Desember 2013 - 15:36:36 WIB

sore ,,, keren infonya ... http://goo.gl/GS1TGD
obat herpes
14 Desember 2013 - 08:52:20 WIB

pagi gan ... thank infonya http://goo.gl/BxjG9X
obat pengapuran tulang
14 Desember 2013 - 11:10:40 WIB

http://goo.gl/s4sPGW
selamat siang dari saya ,,, sukses
obat pengapuran tulang
14 Desember 2013 - 11:10:55 WIB

http://goo.gl/s4sPGW
selamat siang dari saya ,,, sukses
obat sakit lambung
14 Desember 2013 - 13:40:21 WIB

selamat sore http://goo.gl/y64QKV
obat kanker lambung
19 Desember 2013 - 10:09:08 WIB

TERIMAKASIH ATAS INFONYA GAN...
http://goo.gl/gLAHFT
"Obat Kanker Lambung"
obat tumor lambung
19 Desember 2013 - 15:03:47 WIB

"terimakasih banyak infonya gan, sangat bermanfaat dan bermakna"
http://goo.gl/D9d9uJ
Obat Tumor Lambung
obat asam urat
25 Desember 2013 - 14:21:25 WIB

terimakasih informasinya gan ,,,
obat penyakit hepatitis c
28 Desember 2013 - 15:37:47 WIB

http://goo.gl/80sISw
artikel yang sangat bagus..
informasi yang sangat membantu.
terimkasih ya atas informasinya,,
obat sakit maag
03 Januari 2014 - 16:09:26 WIB

selmet sore gan :)
http://goo.gl/nVcDCl
thank's infonya :)
obat tradisional luka lambung
07 Januari 2014 - 14:46:51 WIB

http://goo.gl/7N1Y73
This website is full of useful information and news, thank you for admin. who diligently yes for the latest news updates her .. : D
obat tradisional keloid
09 Januari 2014 - 14:18:36 WIB

http://goo.gl/PHiz71
Mkasih infonya.. semoga bermanfaat dan sukses selalu :)
obat tulang retak
10 Januari 2014 - 09:10:10 WIB

http://goo.gl/fDQpTQ
terimakasih. tambah terus artikelnya pak admin,,, sip guriiiihhhh
obat obesitas alami
03 Februari 2014 - 13:18:03 WIB

Obat Obesitas Alami
http://goo.gl/7iKNv2
makasih gan ..
obat obesitas alami
03 Februari 2014 - 13:18:39 WIB

Obat Obesitas Alami
http://goo.gl/7iKNv2
makasih gan ..
obat pelangsing perut buncit
15 Februari 2014 - 15:47:52 WIB

http://goo.gl/USPSQ0
Obat Pelangsing Perut Buncit
sore gan ...
obat keloid alami
22 Februari 2014 - 07:42:49 WIB

wow kreen nih gan desaign web nya, boleh minta tips-tips nya, makasih juga informasi nya http://goo.gl/GI9oZV
obat varises alami
22 Februari 2014 - 08:01:11 WIB

kata- kata terucap indah, boleh nih informasinya terus update ya http://goo.gl/lTuyP5
Obat Darah Tinggi
04 Maret 2014 - 10:25:28 WIB

makasih ye bang informasinya, bener-bener bagus http://goo.gl/W1i5O9
Obat Darah Tinggi
06 Maret 2014 - 07:28:36 WIB

menarik dan mantap http://goo.gl/2cDjL0
obat pelangsing perut herbal
08 Maret 2014 - 15:42:46 WIB

http://goo.gl/VG9ICd
semangat dalam kebenaran ...
thank's to info :)
Obat Asam Urat
28 Maret 2014 - 15:56:16 WIB

niatkan dalam hati selalu berbuat baik, semoga harimu menyenangkan min, http://goo.gl/YFmEvD
Obat Asam Urat
28 Maret 2014 - 16:00:33 WIB

niatkan dalam hati selalu berbuat baik, semoga harimu menyenangkan min, http://goo.gl/YFmEvD
CCTV Bandung
29 Maret 2014 - 22:28:05 WIB

ditunggu update selanjutnya..
CCTV Bandung Murah
29 Maret 2014 - 22:44:42 WIB

informasi yang sangat lengkap dan sangat bermanfaat.. thanks
ISP di Bekasi
29 Maret 2014 - 22:53:23 WIB

Akhirnya ketemu juga nih berita.. Makasih banyakk. sangat membantu saya... :)
Eiger
29 Maret 2014 - 22:54:36 WIB

layout web nya lumayan bagus nih dibanding yang lain
Eiger Bandung
29 Maret 2014 - 22:55:07 WIB

ditunggu update selanjutnya..
Obat Darah Tinggi
09 April 2014 - 14:25:20 WIB

alhamdulilah udah nyolok http://goo.gl/onFuyM
Diasis Care Capsule
15 April 2014 - 11:46:00 WIB

ini adalah jalan yang terbaik http://goo.gl/dz4U2D
Cara Mencegah Pelecehan Sexual Pada Anak
17 April 2014 - 10:58:46 WIB

ya allah beri aku kemudahan http://goo.gl/wf3Xhm
Obat Syaraf Otak
26 April 2014 - 09:17:51 WIB

Info yang sangat bagus ,terima kasih tas informasinya ..
Harga Diasis Care Capsule
26 April 2014 - 09:39:02 WIB

selamat pagi, selamat hari jumat http://goo.gl/5cugcF
Obat untuk sakit maag
06 Mei 2014 - 09:12:53 WIB

usaha keras itu tak akan menghianati http://goo.gl/qJ2C8A
obat herbal luka bakar
22 Mei 2014 - 10:57:57 WIB

obat herbal luka bakar http://goo.gl/0dJR0T
obat migren sakit kepala sebelah
22 Mei 2014 - 11:21:12 WIB

obat migren sakit kepala sebelah http://goo.gl/Y8tFnB
obat penyakit uci uci
22 Mei 2014 - 12:04:45 WIB

obat penyakit uci uci http://goo.gl/R4KPb2
obat penurun asam urat
22 Mei 2014 - 12:18:51 WIB

obat penurun asam urat http://goo.gl/Dr8cfc
obat herbal susah BAB
22 Mei 2014 - 12:31:28 WIB

obat herbal susah BAB http://goo.gl/2vHuoL
obat hipertensi ibu hamil
22 Mei 2014 - 13:04:54 WIB

obat hipertensi ibu hamil http://goo.gl/rFEUSl
obat sakit kepala sebelah
22 Mei 2014 - 13:18:28 WIB

obat sakit kepala sebelah http://goo.gl/Ts6lC
obat herbal wasir dan ambeiein
22 Mei 2014 - 13:29:08 WIB

obat herbal wasir dan ambeiein http://bit.ly/1fMoA2a
obat penyakit liver
22 Mei 2014 - 13:39:39 WIB

obat penyakit liver http://bit.ly/1iz4Ejv
obat meningitis radang selaput otak
22 Mei 2014 - 13:54:59 WIB

obat meningitis radang selaput otak http://goo.gl/3p5S7p
obat herbal kolesterol
22 Mei 2014 - 14:05:23 WIB

obat herbal kolesterol http://goo.gl/LrzGvv
obat herbal penyakit diabetes
22 Mei 2014 - 14:18:22 WIB

obat herbal penyakit diabetes http://goo.gl/zTo2b
obat darah tinggi dan jantung
22 Mei 2014 - 14:29:20 WIB

obat darah tinggi dan jantung http://goo.gl/vSx8r
obat herbal alzheimer
22 Mei 2014 - 14:41:02 WIB

obat herbal alzheimer http://goo.gl/TtyGx
obat herbal ambeien
22 Mei 2014 - 14:51:50 WIB

obat herbal ambeien http://goo.gl/19L9s2
obat herbal kista rahim manjur
22 Mei 2014 - 15:04:36 WIB

obat herbal kista rahim manjur http://goo.gl/vJzyit
cara menyembuhkan penyakit jantung
22 Mei 2014 - 15:16:04 WIB

cara menyembuhkan penyakit jantung http://goo.gl/GBEmaf
obat herbal uci uci tanpa operasi
22 Mei 2014 - 15:27:11 WIB

obat herbal uci uci tanpa operasi http://goo.gl/2TDeJh
Obat Herbal Infeksi Rahim
07 Juni 2014 - 13:09:37 WIB

Happy weekend semuaa .Terimakasih atas infonya gan ,semoga bermanfaat..

Kunjungi web kami
http://goo.gl/WEXPfP / http://goo.gl/yJfLtA / http://goo.gl/fx2e4v / http://goo.gl/99q0ED / http://goo.gl/pY8mq4 / http://goo.gl/5lLg62 / http://goo.gl/0OzLAU / http://goo.gl/GIBJDH / http://goo.gl/vuhkSc / http://goo.gl/WpuIGd / http://goo.gl/NcD3S0 / http://goo.gl/0vRfdB / http://goo.gl/rmUKEH / http://goo.gl/lWSqfw / http://goo.gl/66Fqzl / http://goo.gl/mcZzDE / http://goo.gl/vVyAeS / http://goo.gl/7QMmP8 / http://goo.gl/fh65Y3 / http://goo.gl/kTMl4O / http://goo.gl/gzf6Fq / http://goo.gl/JwW2Ps / http://goo.gl/oORXHI /
kata bijak cinta
07 Juli 2014 - 19:36:35 WIB

makasih sudah berbagi pengalamanya
http://cinta009.blogspot.com/

Obat Infeksi Rahim
19 Agustus 2014 - 15:12:03 WIB

hapy paste yuhuuu http://goo.gl/V8QqIM
Obat Gondok Tiroid
20 Agustus 2014 - 14:52:47 WIB

bang, ijin menyimak ya semoga web nya sukes, amin http://goo.gl/5Zzvh3
Obat Infeksi Saluran Kencing
21 Agustus 2014 - 14:20:19 WIB

berikan aku kesempatan untuk maju pak, kunjungi balik http://goo.gl/ji56la
Obat Mata Glaukoma
22 Agustus 2014 - 15:59:56 WIB

tambah sukses pak buat info nya, mohon bimbingan nya ya goo.gl/exYIEy
Obat Mata Glaukoma
23 Agustus 2014 - 10:59:42 WIB

tambah sukses pak buat info nya, mohon bimbingan nya ya http://goo.gl/exYIEy
Obat Mata Glaukoma Tradisional
26 Agustus 2014 - 16:11:00 WIB

smoga tetap lancar dan dikasih kesabaran ya pak http://goo.gl/s0RncE
Obat Mata Glaukoma Tradisional
26 Agustus 2014 - 16:11:11 WIB

smoga tetap lancar dan dikasih kesabaran ya pak http://goo.gl/s0RncE
Obat Mata Glaukoma Tradisional
26 Agustus 2014 - 16:11:19 WIB

smoga tetap lancar dan dikasih kesabaran ya pak http://goo.gl/s0RncE
Obat Wasir Berdarah
27 Agustus 2014 - 15:03:00 WIB

salam kenal pak, artikel nya sunggu bagus berkualias, dari penjual obat wasir berdarah http://goo.gl/5xpU1Q
Obat Wasir Berdarah
27 Agustus 2014 - 20:23:27 WIB

salam kenal pak, artikel nya sunggu bagus berkualias, dari penjual obat wasir berdarah http://goo.gl/5xpU1Q
Obat Herbal Tumor Ganas
29 Agustus 2014 - 17:04:14 WIB

selamat pak, web anda web terbaik, seneng saya baca nya http://goo.gl/aKP60P
Obat Herbal Osteoporosis
01 September 2014 - 15:04:07 WIB

siang pak selamat hari senin, gimana dengan web ini masih lancar dan rame ya? ikut join aja pak http://goo.gl/fNlwqM
Obat Jantung Tradisional Herbal
06 September 2014 - 09:47:58 WIB

thanks infonya sobat ,, sm0ga sukses.... http://goo.gl/vHRqFL

Ace Maxs Indonesia
18 September 2014 - 09:37:47 WIB

makasih infonya sob....
Obat Penyakit ITP
20 September 2014 - 09:50:17 WIB

terima kasih banyak atas informasi yang telah disajikan sukses selalu dan di tunggu artikel terbarunya.
http://goo.gl/BSjaHI
OBAT SESAK DADA
24 September 2014 - 09:58:10 WIB

bunga cinta bermekaran dalam web ini, suskes terus gan http://goo.gl/wr1J2F
Cara Pesan ACE MAXS
24 September 2014 - 15:33:45 WIB

mengertilah keadaan ini sewajarnya http://goo.gl/sTo3dP
Batu Empedu
30 September 2014 - 10:55:31 WIB

Beryukurlah akan adanya lara karena dengan dialah kita belajar menjadi sosok yang tegar dan jauh lebih baik.

http://goo.gl/zWBqd3
http://goo.gl/iDWY2e r
http://agenobatherbalpalembangyangalami99.wordpress.co m/
Obat Sesak Nafas Di Dada
11 Oktober 2014 - 11:32:54 WIB

terima kasih banyak http://goo.gl/fUvjBR
Pulau Tidung
14 Oktober 2014 - 22:59:32 WIB

Hello there, I think your blog could be having browser compatibility problems.
Whenever I look at your blog in Safari, it looks fine however,
when opening in IE, it has some overlapping issues. I just wanted
to provide you with a quick heads up! Aside from that, excellent site!
http://pulautidung032.wordpress.com/
jasa ayah ibu aeman mp3
15 Oktober 2014 - 01:12:55 WIB

Hiya! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your site mobile
friendly? My blog looks weird when browsing from my iphone4.
I'm trying to find a template or plugin that might be able to fix this problem.
If you have any suggestions, please share. Many thanks! http://letsgoto.url.ph/1-d2
Backpaper Pulau Harapan
15 Oktober 2014 - 02:37:58 WIB

My relatives all the time say that I am killing my time here
at net, however I know I am getting know-how everyday by reading such pleasant content.
http://letsgoto.url.ph/pulauharapan26499
Pulau Pari
15 Oktober 2014 - 16:20:09 WIB

I just could not go away your site prior to suggesting that I actually enjoyed the usual
information an individual supply in your visitors?
Is gonna be back ceaselessly to check up on new posts http://asuransiwisata.hol.es/
Wisata Pulau Pari
15 Oktober 2014 - 21:35:16 WIB

Just want to say your article is as amazing.
The clearness in your post is simply spectacular and i could assume
you're an expert on this subject. Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep
updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.
http://paripulau075.wordpress.com/
Pulau Pari
16 Oktober 2014 - 04:05:42 WIB

Hey there would you mind letting me know which webhost you're using?
I've loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.
Can you recommend a good web hosting provider at a fair price?
Many thanks, I appreciate it! http://is.gd/Qzt4jn
Pulau Pari
16 Oktober 2014 - 06:13:24 WIB

Hi there, yeah this piece of writing is genuinely pleasant and I have
learned lot of things from it about blogging. thanks. http://tinyurl.com/p3lydm5
Jasa SEO
16 Oktober 2014 - 21:58:01 WIB

Do you have a spam issue on this blog; I also am a
blogger, and I was wanting to know your situation; many of us have created some nice procedures and we are looking to
trade solutions with other folks, be sure to shoot me an e-mail if
interested. http://blogpulautidung.hol.es/
Pulau Tidung
17 Oktober 2014 - 02:00:30 WIB

I think this is one of the most significant information for me.

And i'm glad reading your article. But wanna remark on some general things, The web site style
is wonderful, the articles is really excellent : D.
Good job, cheers http://blogpulautidung.hol.es/
Toko Roller Blind
18 Oktober 2014 - 19:54:01 WIB

hey there and thank you for your information – I have certainly picked
up something new from right here. I did however expertise some technical
issues using this website, since I experienced to reload the site lots of
times previous to I could get it to load properly.
I had been wondering if your web host is OK? Not that I am
complaining, but slow loading instances times will sometimes
affect your placement in google and can damage your high quality score
if advertising and marketing with Adwords. Anyway I am
adding this RSS to my e-mail and can look out for
a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again very soon. http://roller-vertical-blind-murah.hol.es/
harga timbangan digital
19 Oktober 2014 - 03:18:39 WIB

I do not even know how I ended up here, but I thought this
post was good. I don't know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren't already ;) Cheers!
http://blog-timbangan-digital.hol.es/
timbangan
19 Oktober 2014 - 06:03:08 WIB

Yes! Finally something about berita. http://blog-timbangan-digital.hol.es/
Timbangan Digital
19 Oktober 2014 - 08:10:20 WIB

I read this paragraph fully about the difference of most up-to-date
and preceding technologies, it's awesome article. http://blog-timbangan-digital.hol.es/
Jual Timbangan Digital Murah
19 Oktober 2014 - 09:53:08 WIB

Heya i'm for the first time here. I came across this
board and I find It truly useful & it helped me out much.
I hope to give something back and aid others
like you aided me. http://blog-timbangan-digital.hol.es/
Pulau Tidung
20 Oktober 2014 - 00:37:58 WIB

I'm really impressed with your writing skills and also with the layout on your blog.
Is this a paid theme or did you modify it yourself?
Either way keep up the excellent quality writing,
it is rare to see a nice blog like this one nowadays.
http://artikelpulautidung.hol.es/
Jasa SEO Terbaik
22 Oktober 2014 - 15:02:45 WIB

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I don't know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you are
not already ;) Cheers! http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/
menabung untuk liburan
24 Oktober 2014 - 17:54:35 WIB

Magnificent beat ! I wish to apprentice even as you amend your web
site, how can i subscribe for a weblog web site?

The account helped me a appropriate deal. I have been tiny bit acquainted of this your
broadcast offered vibrant clear idea http://paketwisatapulaupari.hol.es/
Jasa Pembuatan Web
24 Oktober 2014 - 19:46:07 WIB

Hey there! Do you know if they make any plugins to
help with SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results.
If you know of any please share. Appreciate it!
Jasa SEO Profesional
25 Oktober 2014 - 16:51:08 WIB

I think that is one of the such a lot significant info for me.
And i'm happy studying your article. But should
commentary on few general things, The web site taste is wonderful, the articles is in reality nice : D.
Excellent process, cheers http://jasaseojakarta1526.wordpress.com/
Jasa SEO
26 Oktober 2014 - 20:27:53 WIB

I am extremely inspired together with your writing abilities and also with the structure for your blog.

Is this a paid topic or did you modify it yourself? Anyway
stay up the nice high quality writing, it is uncommon to
see a nice weblog like this one nowadays.. http://jasaseojakarta0687.wordpress.com/
Roller Blind
27 Oktober 2014 - 02:44:41 WIB

I have been surfing on-line more than three hours as of late, yet I never found any attention-grabbing article like yours.
It's beautiful value enough for me. In my view, if all webmasters and
bloggers made good content as you did, the internet can be much more helpful than ever before.
http://indoblind.com/
Paket Wisata ke Pulau Tidung
27 Oktober 2014 - 07:34:09 WIB

Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was
just wondering if you get a lot of spam responses?
If so how do you reduce it, any plugin or anything you can suggest?
I get so much lately it's driving me crazy so any assistance is very
much appreciated. http://artikelpulautidung.hol.es/
Pulau Tidung
27 Oktober 2014 - 12:11:05 WIB

I'm gone to inform my little brother, that he should also go to see this web site on regular basis to
take updated from newest gossip. http://artikelpulautidung.hol.es/

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

 


Langganan RSS





/ /



771384

Pengunjung hari ini : 1489
Total pengunjung : 294081

Hits hari ini : 5698
Total Hits : 771384

Pengunjung Online: 6





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera
KHUTBAH

Lihat Hasil Poling